Toyota dan Mazda Kolaborasi Bangun Pabrik Perakitan di Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Sabtu, 5 Agustus 2017 07:00 WIB
REUTERS/Christian Hartmann

TEMPO.CO, Jakarta -  Toyota Motor Corp dan Mazda MotorCorp akan mengumumkan rencana pembangunan pabrik perakitan di Amerika Serikat dengan nilai investasi yang mencapai US$ 1,6 miliar.

Pabrik tersebut akan mampu memproduksi sebanyak 300 ribu unit kendaraan per tahun. Diprediksikan jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 4 ribu orang saat pabrik dibuka pada 2021 mendatang.

Seorang sumber yang terlibat dalam kemitraan itu mengatakan bahwa pabrik tersebut akan digunakan untuk merakit Toyota Corolla dan kendaraan SUV crossover Mazda.

Baca: 30 Tahun, Toyota Indonesia Ekspor 1,1 Juta Kendaraan ke 80 Negara

Sebelumnya, Nikkei Jepang melaporkan bahwa Toyota akan mengambil sekitar 5 persen saham di Mazda Motor Corp untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik dan membangun pabrik di Amerika Serikat.

Toyota sendiri dalam pernyataannya mengatakan bahwa kedua perusahaan telah mengeksplorasi berbagai bidang kolaborasi berdasarkan kesepakatan yang dicapai pada Mei 2015.

Sedangkan Mazda dalam keterangannya mengatakan bahwa belum ada keputusan resmi dan akan melakukan pertemuan dengan dewan mengenai hal tersebut.

BISNIS

#Industri Otomotif
#Toyota

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi