Mobil Listrik Dakar 2019 Buatan UBL dan ITS Selesai Februari 2018
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 21 Desember 2017 19:13 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Budi Luhur (UBL) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) pada Kamis, 21 Desember 2017, memberikan update terkait pengerjaan mobil listrik mereka yang akan tampil dalam reli Dakar 2019. Update tersebut dijelaskan pada saat konferensi pers di Universitas Budi Luhur.

Menurut Sujono, Dekan Fakultas Teknik UBL sekaligus pimpinan proyek BLITS, saat ini tim pembuatan mobil listrik offroad BLITS telah telah merampungkan pembuatan rangka mobil, hal tersebut diakui berjalan sesuai target.

Baca: Universitas Budi Luhur dan ITS Garap Mobil Listrik Reli Dakar

“Ditargetkan seluruh pembuatan mobil akan selesai pada awal Februari 2018. Uji coba terhadap mobil BLITS akan dilakukan sampai jarak 15 ribu kilometer untuk mengetahui performa mobil,” ujar Sujono kepada sejumlah media dan tamu undangan.

Nantinya, hasil uji coba akan dikaji dan dilakukan penyempurnaan agar mobil benar-benar siap untuk kompetisi pada Februari 2019.

Mobil ini merupakan produk asli Indonesia yang seluruh komponennya, kecuali baterai dan shockbreaker, merupakan buatan dalam negeri hasil kerjasama tim UBL, tim ITS dan Bengkel Idek Yogyakarta.

Bengkel Idek merupakan bengkel spesialis rangka Tubular, bengkel ini sering merakit sasis jip offroad yang akan dipakai untuk kompetisi.

Baca: Kisah Pencurian Motor Balap Selama Kejuaraan Reli Dakar

Tim dari UBL dibantu oleh enam mahasiswa, empat diantaranya turut diperkenalkan dalam acara konferensi pers, mereka adalah Nur Fauzi dan Noto Nugroho, mahasiswa angkatan 2015, serta, Dimas dan Roni, mahasiswa angkatan 2016.


BERITA TERKAIT