Datsun Cross Segera Meluncur, Berapa Harganya?
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 4 Januari 2018 20:38 WIB
Mobil Datsun Go Cross yang di pamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di BSD City, Tangerang, 12 Agustus 2016. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia mendapat kehormatan dengan menjadi negara pertama untuk peluncuran Datsun Cross. World Premiere model crossover mungil ini dijadwalkan pada 18 Januari 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Datsun Cross akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Selasa 2 Januari 2018.

Datsun Cross yang akan world premiere pada Kamis 18 Januari 2018. Sumber: Dok Datsun

Menurut Koito, Datsun Cross merupakan generasi baru compact cross-over. “Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun Cross akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami,” lanjut Koito.

Sayang, Datsun Indonesia masih merahasiakan soal harga dan spesifikasi model baru ini.

Baca: Datsun CROSS, Unggulan Baru Datsun di Indonesia

Datsun Cross sebenarnya sudah diperkenalkan dalam bentuk konsep di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2015. Sepintas, mobil yang dibangun dari platform Datsun Go dan Go+ ini mirip dengan penampilan Renault Kwid.

Secara dimensi, mungkin yang paling mendekati untuk bertarung di segmen ini adalah Suzuki Ignis. Sama-sama diplot untuk mengisi segmen urban crossover. Berdimensi mungil, yang diklaim digemari konsumen muda.

Datsun Go-cross. TEMPO/Meiky Sofyansyah

Dari sisi eksterior, Datsun Cross memiliki dimensi yang tak beda jauh dengan Go dan Go+. Meski demikian, penampilan Go Cross dipastikan berbeda dengan Go dan Go+.

Simak: Datsun Go Matik Sudah Bisa Dipesan, Harga Lebih Mahal Rp 15 Juta

Datsun menambahkan body kit yang menguatkan bahwa Cross adalah mobil SUV, lengkap dengan side moulding, dan fender lebar. Bagian depan dan belakang juga mendapatkan sentuhan baru. Di bagian depan, Datsun memasang lampu utama dengan proyektor dan LED DRL (day running light).

Spoiler kecil ditambahkan di bagian belakang bagian atas. Bagian belakang Go Cross bisa dibilang seksi dengan penyematan lampu rem berbentuk huruf “C”. Pada versi konsep, mobil ini memiliki atap berwarna hitam yang dilengkapi dengan roof rack.

Mobil Datsun Go Cross yang di pamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di BSD City, Tangerang, 12 Agustus 2016. TEMPO/Fajar Januarta

Di sektor mesin, sangat mungkin Go Cross mengadopsi mesin yang digunakan Datsun Go+, yakni mesin 1.198 cc 3- silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 68 dk di 5.000 rpm dan torsi 104 Nm. Bagaimana dengan transmisi? Sampai saat ini Datsun belum melengkapi unitnya dengan transmisi otomatis. Namun, ada kemungkinan Go Cross juga dilengkapi dengan transmisi otomatis.

Lalu berapa harganya? Seorang sales showroom Datsun di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, yang enggan disebutkan namanya mengatakan harga Datsun Go Cross diperkirakan berada di kisaran Rp 160 juta hingga Rp 170 juta.

Jika benar, harga ini jauh lebih tinggi dibanding harga Datsun Go dan Go+ yang dijual mulai dari Rp 114,4 juta dan Rp 104 juta. Sementara, harga Suzuki Ignis mulai dari Rp 141,5 juta hingga termahal Rp 171,5 juta.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi