Datsun Cross Resmi Dipasarkan, Ini Daftar Harganya
Reporter: Fery Firmansyah
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 8 Maret 2018 16:43 WIB
Datsun Cross diluncurkan di Medan, Sumatera Utara, Rabu, 21 Februari 2018. TEMPO/Iil Askar Mondza
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Karawang - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya mengumumkan harga jual compact crossover Datsun Cross, yang diluncurkan pada Januari 2018. Menurut Presiden Direktur NMI Eiichi Koito harga jualnya lebih rendah dari yang diperkirakan saat peluncuran. "Saat itu hanya perkiraan awal," katanya di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, Kamis, 8 Maret 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Koito mengatakan harga jual on the road Jakarta Datsun Cross adalah Rp 161,49 juta untuk transmisi manual dan Rp 173,99 juta untuk varian transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT). Saat peluncuran Januari lalu, harga perkiraan Datsun Cross Rp 163 juta untuk versi manual dan Rp 175 juta untuk CVT. Namun Koito enggan disebut menurunkan harga jual model baru ini.

Baca: Datsun Cross Tak Masuk Kelas LCGC, Ini Alasannya

NMI menggelar media test drive Datsun Cross di Bridgestone Proving Ground, Karawang. Uji mengemudi ini digelar sehari setelah NMI memasarkan Datsun Cross. Tiga fitur utama yang menjadi obyek pengujian adalah vehicle dynamic control (VDC), transmisi otomatis CVT terbaru, serta suspensi dan ground clearance, yang diklaim sudah setara dengan sport utility vehicle (SUV).

Koito mengatakan transmisi CVT terbaru pada Datsun Cross memiliki beberapa kelebihan. Keunggulan utamanya, perpindahan kecepatan yang lebih halus lantaran penggunaan sabuk baja dan pulley, bukan lagi gigi transmisi. Rasio perpindahan kecepatan yang lebih lebar bekerja pada putaran mesin rendah sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

Baca: Datsun Cross Dibekali Transmisi Otomatis CVT

Datsun Cross juga memiliki ground clearance atau jarak terendah dengan tanah 200 milimeter. Koito mengklaim angka ini sebagai yang tertinggi di kelasnya. Dipadukan dengan ban 15 inci, Datsun Cross disebut mampu melewati jalan rusak dan berbatu yang lazim ditemui di Indonesia. Layaknya sebuah SUV, Datsun Cross dibekali dengan skid plate alias pelat pelindung bagian bawah bodi untuk melintasi medan berbatu dan berkerikil.

Fitur lain yang diunggulkan NMI adalah VDC. Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Co Nobuyuki Kawai menuturkan sistem VDC yang dipadukan dengan suspensi rancangan Nissan membantu pengemudi mengendalikan kendaraan saat melintasi medan licin. “Membantu mengurangi gejala over steer dan under steer (menyelonong),” ucapnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi