Handling Datsun Cross Stabil Menghadapi Semua Kontur Jalan
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 5 Mei 2018 10:31 WIB
Datsun Indonesia menyelenggarakan test drive Datsun Cross di Karawang, Jawa Barat, 8 Maret 2018. TEMPO/Fery Firmansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak puluhan jurnalis untuk merasakan sensasi mobil asal Jepang ini untuk diajak menjelajah sejauh 71 kilometer di acara Datsun Cross Media Drive. Acara berlangsung selama dua hari di Yogyakarta, mulai Jumat 4 Mei 2018 sampai Sabtu, 5 Mei 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Test drive dimulai dari restoran De Kendhil, Sleman, Yogyakarta menuju Pantai Ngandong, Gunung Kidul. Datsun Cross yang diracik untuk jiwa petualang ini siap menjelajah baik di kota maupun pelosok desa yang kondisi jalannya naik turun dengan kontur yang aspalnya tak terlalu bagus.

Jalan menuju Pantai Ngandong, Gunung Kidul tergolong cukup ekstrim. Tikungan tajam, tanjakan curam, dan jalan berlubang. Namun, Datsun Cross mampu melewatinya dengan baik meski bodinya imut tak beda jauh dari mobil LCGC.

Baca: Datsun Cross Tak Masuk Kelas LCGC, Ini Alasannya

Anton Khristanto, Manager R & D PT NMI menjelaskan Datsun kini hadir dengan Continuously Variable Transmission (CVT) berteknologi x-tronic diyakini lebih mudah dalam menyalurkan torsi ke roda sehingga akselerasi spontan. “Jadi torsi merata di semua putaran mesin, selain itu teknologi ini diklaim mampu meningkatkan akselerasi dan efisiensi bahan bakar,” ujar Anton, Jumat 4 Mei 2018.

Terbukti saat Tempo menjajal mobil sekelas city car ini dengan jarak tempuh 71 kilometer dari pusat perkotaan Yogyakarta menuju Pantai Ngandong, bahan bakar hanya berkurang satu strip pada indikator bensin.

Anton mengatakan pihak Nissan sendiri belum menguji konsumsi bahan bakar Datsun Cross terbaru ini. "Tapi dengan teknologi baru yang diaplikasi pada Datsun Cross, kami punya x-tronic yang membuat bahan bakar lebih irit,” ujar Anton disela acara Datsun Cross Media Drive.

Baca: Test Drive Datsun Cross: Perpindahan Kecepatan Lebih Halus

Teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC) juga disematkan pada Datsun Cross sehingga shock absorber di bagian depan dan belakang dan sudah melalui proses tuning. Hal ini berdampak positif, mobil lebih stabil dan tidak limbung saat melaju kecepatan tinggi meskipun ground clearance tinggi.

Saat melewati jalan berlubang, Tempo merasakan guncangan menjadi minim, di dalam kabin Datsun Cross lebih tenang dan senyap. “Ini merupakan keunggulan Datsun Cross dengan ground clearance 200 mm mampu melibas segala medan jalan dengan baik,” ujar Anton.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi