Adu Spesifikasi Yamaha Lexi 125 dan Honda Vario, Siapa Unggul?
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 17 Januari 2018 14:14 WIB
Yamaha Lexi 125. Sumber: instagram @abidin_san
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Yamaha Lexi 125 diluncurkan untuk menjadi menjadi pesaing Honda Vario yang selama ini menguasai pasar matik 125cc. Untuk bagian dapur pacu, dari beberapa bocoran yang tersebar di sosial media, Lexi akan hadir dengan mesin berkapasitas 125 cc yang didukung oleh teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang sebelumnya sukses dipasangkan pada Yamaha Aerox.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya itu, Lexi 125 juga dilengkapi dengan teknologi Blue Core khas Yamaha. Mesin Lexi 125 memiliki empat katup, ini merupakan mesin yang digunakan Nmax untuk pasar Eropa.

Baca: YIMM Siapkan Motor di Kelas Mid Level Yamaha Lexi 125

Sementara kompetitornya, Honda Vario 125, hadir dengan mesin berkapasitas 125 cc dengan dua katup yang dipadukan dengan teknologi eSP, teknologi tersebut berfungsi untuk meminimalisir gesekan piston sehingga bahan bakar tidak akan terbuang percuma. Vario 125 juga dilengkapi dengan Idling Stop System (ISS) yang membuat mesin akan mati jika motor tidak bergerak selama tiga detik.

Dari segi fitur, Yamaha Lexi menggunakan beberapa teknologi yang sama dengan pendahulunya yaitu Nmax dan Aerox. Lexi dibekali dengan fitur keyless, speedometer full digital dan sistem Start Stop System (SSS) yang fungsinya tak jauh berbeda dengan ISS milik Honda.

Sementara sang rival hadir dengan fitur Answer Back System, yang memudahkan pengguna dalam mencari motornya pada saat diparkir. Honda juga tekah menyematkan fitur ACG starter yang memungkinkan suara motor akan sangat halus saat dinyalakan.

Vario 125 juga telah dibekali dengan fitur Brake Lock System dan Combi Brake System (CBS) yang membuat pengereman akan lebih maksimal dan menunjang keselamatan berkendara. Soal penggunaan ban, Vario 125 masih menggunakan kombinasi 80/90 dan 90/90 dengan ukuran diameter 14 inch.

Baca: Alasan Honda Grazia 125 Bisa Jadi Model Pengganti Honda Vario 

Meski belum ada pernyataan resmi dari YIMM terkait masalah harga, Yamaha Lexi 125 diyakini akan dijual dengan harga dibawah Rp 20 juta. Sementara Honda yang telah lama menjual produknya tersebut mematok harga sekitar Rp. 18,1 juta untuk varian tertinggi.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi