NMI Rilis Datsun Cross, di India Justru Redi Go yang Muncul
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 21 Januari 2018 18:53 WIB
Mobil Datsun Go Cross yang di pamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di BSD City, Tangerang, 12 Agustus 2016. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi telah memperkenalkan produk terbaru mereka, Datsun Cross, untuk kali pertama di dunia yang digelar di Mall Kota Kasablanka pada Kamis, 18 Januari 2018. Di India, Datsun justru meluncurkan facelift Datsun Redi Go.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedua mobil tersebut memiliki bentuk yang hampir mirip, Cross merupakan produk Compact Crossover, sedangkan Redi Go merupakan produk Urban Crossover.

Datsun Cross hadir dengan dimensi panjang 3.955 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.560 mm. Sedangkan sang kakak mempunyai dimensi yang lebih kecil dengan ukuran panjang 3.429 mm, lebar 1.560 mm seta tinggi 1.541 mm.

Baca: Soal Persaingan Mobil Murah, Ini Komentar Datsun

Dari sisi mesin, Cross memiliki mesin berkapasitas 1.200 cc dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan CVT. Mesin bertransmisi manual mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 hp, sedangkan mesin CVT mampu menghasilkan tenaga sebesar 78 hp. Mesin tersebut mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 104 Nm.

Datsun Redi-Go baru saja diluncurkan di India. Sumber: datsun.co.in

Hal tersebut berbeda dengan Redi Go yang mengusung mesin berkapasitas 800 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 54hp dan torsi maksimum sebesar 72Nm. Mesin dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Selain itu, Datsun juga diyakini akan segera meluncurkan Redi Go dengan mesin berkapasitas 1000 cc berteknologi AMT yang mampu menghasilkan tenaga 67 hp dengan torsi maksimal 91 Nm. Sejumlah media meyakini mobil tersebut akan diluncurkan pada akhir Januari 2018.

Datsun Cross memiliki ground clearance setinggi 200 mm, sedangkan Redi Go memiliki ground clearance yang lebih rendah, yaitu 185 mm. Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur power steering dan lampu LED.

Varian terbaru Redi Go AMT diyakini akan dilengkapi dengan fitur multimedia layar sentuh yang terkoneksi dengan Bluetooth. Fitur tersebut merupakan salah satu fitur yang telah tersematkan pada Datsun Cross.

Selain itu, Datsun Cross memiliki beberapa fitur unggulan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC), traction Control (TCS), Follow me home dan berbagai fitur lainnya yang tidak tersematkan dalam Redi Go.

Baca: Begini Penampakan Transmisi Otomatis CVT Datsun Cross

Hal tersebut wajar mengingat Datsun Cross dan Redi Go memiliki segmentasi pasar yang berbeda, dan harga yang juga jauh berbeda. Cross memiliki indikasi harga sekitar Rp 163 – 175 juta, sedangkan Redi Go versi lama (800 cc) dijual di India dengan harga 238.900 – 334.399 rupee atau sekitar Rp 47,6 juta – 67,6 juta.

DRIVESPARK | NAUFAL SHAFLY

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi