Daihatsu Xenia Diskon Rp 20 Juta di Semarang
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 6 Mei 2018 16:04 WIB
Sejumlah mobil All New Xenia keluaran terbaru Daihatsu bersiap menjalani test drive di Ciwidey, Bandung (19/5). Sepuluh mobil disediakan panitia dalam acara ini. Tempo/Nur Haryanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Munculnya Mitsubishi Xpander dan All New Suzuki Ertiga membuat persaingan di segmen Low MPV semakin ketat. Model yang belum mendapatkan upadte mulai kewalahan. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia disalip Mitsubishi Xpander dalam hal penjualan dalam tiga bulan terakhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Daihatsu Xenia di Semarang dijual dengan diskon besar mulai dari Rp 20 juta hingga RP 25 juta. Branch Manager Astra Daihatsu Semarang Budhi Krisnanto mengatakan bahwa diskon besar tersebut diberikan untuk meningkatkan penjualan Xenia karena persaingan di segmen Low MPV semakin ketat.

Baca: Daihatsu Xenia Custom Meluncur, Simak Perbedaannya

“Kami harus menyiasatinya dengan menawarkan harga menarik untuk konsumen,” kata Budhi saat dijumpai di dealer Astra Daihatsu Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Kamis, 3 Mei 2018.

Dealer Astra Daihatsu Pudakpayung mampu menjual rata-rata 17 unit Xenia per bulan. Angka ini sedikit menurun dibanding tahun lalu yang penjualan rata-rata mencapai 20 unit per bulan.

Daihatsu Xenia di Semarang dijual dengan harga mulai dari Rp 187,3 juta (tipe Great New Xenia X M/T 1.3 STD), dan termahal Rp 221,95 juta (tipe Great New Xenia R AT 1.3 Sporty).

Baca: Di Yogyakarta, Daihatsu Sigra Kalahkan Xenia

Selain Xenia, lanjut dia, program diskon juga diberikan untuk pembelian Daihatsu Sirion, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Sigra. “Untuk Daihatsu Terios harganya normal,” ujarnya.

Menurut Budhi, Daihatsu Terios cukup diminati di wilayah Semarang dan sekitarnya. Hal ini terlihat dari masa pemesanan (inden) yang mencapai 3 bulan. Budhi mengklaim dalam sebulan dealer Astra Daihatsu Pudakpayung mampu menjual 20 unit Daihatsu Terios. “Beruntung, pengiriman (delivery) ke dealer cukup lancar sehingga pengiriman ke konsumen juga bisa dipercepat,” tuturnya.

Sementara itu, Daihatsu mencatat penjualan yang baik pada penjualan di bulan Maret 2018. Daihatsu mencatat penjualan retail sebesar 48.320 unit, naik 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara pada sisi wholesales Daihatsu mencapai 51.607 unit, naik 4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara umum, data penjualan per-model Daihatsu sepanjang 2018, didominasi oleh lima kontributor utama yakni Astra Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, Gran Max Pick Up (GM PU), Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Terios.

Dalam hal retail sales, Sigra tetap menjadi idola masyarakat Indonesia dengan perolehan 11.810 unit atau 24 persen, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 10.144 unit (21 persen), dan Xenia sebesar 8.538 unit (18 persen). Selanjutnya, tak mau kalah Terios menyusul dengan raihan 7.171 (15 persen), Ayla sebesar 5.874 unit (12 persen), serta Gran Max Mini Bus (MB) 3.543 unit (7 persen). Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen) berkontribusi total sebesar 1.240 unit (3 persen).

Pada sisi wholesales, Sigra berada di urutan teratas dengan raihan 12.169 unit atau 24 persen, disusul dengan Gran Max Pick Up (PU) yang berkontribusi 12.005 unit (23 persen), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 8.617 unit (17 persen). Selanjutnya ada Daihatsu Ayla menyumbang 8.060 unit (16 persen), Daihatsu Terios 6.455 unit (13 persen), dan Gran Max (MB) 2.989 unit (6 persen). Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi sebesar 1.312 unit (3 persen).

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat dengan Daihatsu. Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi