Honda Civic Type R Ini Habiskan Biaya Rp 140 Juta, Tenaga 760 HP
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 8 Mei 2018 10:37 WIB
Adam Flowers dengan Honda Civic Type R yang bertenaga lebih dari 750 dk. Sumber: motor1.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Daya kuda bagaikan candu bagi para pecinta balap, salah satunya Adam Flowers pemilik Honda Civic Type R. Ketika telah merasakannya, muncul keinginan untuk mendapatkan lebih. Penghobi balap dapat menghabiskan waktu berjam-jam didepan layar komputer untuk menggali berbagai informasi dari forum, mencoba menemukan cara hebat apa lagi untuk mendapatkan lebih banyak horsepower dari mobilnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beberapa mengatakan bahwa mereka akan berhenti dengan mengatakan "300hp itu cukup!" namun dengan segera menjadi bosan dengan tenaga sebanyak itu. Dan mereka mencari cara hingga horsepower dalam mobilnya menjadi 400, kemudian 500, dan seterusnya. Tetap saja angka horsepower yang bertambah itu dirasa kurang cukup.

Baca: Seksinya Honda Small RS Concpet, Belakangnya Mirip Civic Type R

Akhirnya beberapa menghabiskan puluhan ribu dolar demi mendapatkan parts penunjang performa dengan maksud mobilnya mencapai power yang lebih dan lebih besar. Seperti itulah yang dilakukan Adam Flowers dengan Honda Civic Type R yang dia beli pada tahun 2011. Dia bekerja sama dengan TDi North, sebuah perusahaan tuner aftermarket di Inggris, dan mobilnya tak lagi sama sejak saat itu.

Dalam video ini, Flowers mengatakan bahwa dia mulai memodifikasi mobilnya dua minggu setelah membelinya. Pada awalnya dia berpikiran bahwa 240hp sudah cukup untuk mobilnya, dan ternyata dia salah. Setelah itu, TDi North bekerja untuk meningkatkan performa mobil Type R milik Flowers hingga mencapai output saat ini sebesar 765hp. Ini menghasilkan torsi sebesar 512 pound-feet berpenggerak roda depan. Artinya Honda Civic Type R ini memiliki tenaga kuda 25 kali lipat lebih besar daripada Lamborghini Aventador SV.

Untuk mencapai kekuatan sedahsyat itu, Flowers dan TDi North memodifikasi beberapa parts. Mesin merupakan bagian yang dimodifikasi secara keseluruhan. Ketika target anda adalah mendapatkan Honda Civic Type R terkencang di Inggris, anda tidak boleh menahan diri. Beberapa parts modifikasi tersebut antara lain piston Omega berdiameter 86,5 milimeter, Saenz rods dengan L19 bolts, Supertech 92lb dual valve springs, Supertech steel black nitrated dome face inlet valves, Clockwise Motion Inconel flat-face exhaust valves, dan masih banyak lagi.

Baca: Begini Hebatnya All New Honda Civic Type-R Prototype

Selain upgrade mesin, Flowers juga melakukan modifikasi pada transmisi mobil. Dia juga merombak sisi eksterior sehingga Civicnya mendapat penampilan yang lebih agresif. Interior juga mendapatkan sentuhan semi-stripped lengkap dengan rollbar dan jok racing. Membaca daftar-daftar modifikasi dari Flowers dan TDi, sepertinya tidak ada satu bautpun yang lepas dari perhatian mereka.

Apa rencana Flowers selanjutnya? Yah, dia mengatakan ingin menikmati mobil ini untuk berjalan-jalan di musim panas. Tapi dia juga memiliki rencana untuk menambah lagi horsepower Honda Civic Type R menjadi 800hp. Lagipula, kenapa tidak? Flowers tidak mengungkapkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk rencananya itu. Namun kita tahu bahwa untuk mendapatkan 400hp setidaknya membutuhkan dana paling sedikit US$ 10 ribu atau sekitar Rp 140 juta. Dia berencana meningkatkan mobilnya menjadi 800hp, jadi anda bisa membayangkan berapa biayanya.

MOTOR1 | RYAN DWIKY ANGGRIAWAN

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi