Rio Haryanto Direkrut Toyota Team Indonesia
Reporter: Muhammad Kurnianto (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 3 Desember 2018 09:51 WIB

GOOTO.COM, Tangerang - Pembalap muda Indonesia Rio Haryanto terbang lansung dari Solo untuk memberikan dukungan terhadap pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) di seri terakhir Indonesia Touring Car Championship di sirkuit jalan raya BSD City Grand Prix, Minggu, 2 Desember 2018. 

Saat ini Rio Haryanto merupakan bagian dari TTI dengan peran sebagai penasehat tim. “Saat ini fokus membantu pengembangan tim,” kata Rio saat dijumpai Tempo di paddock TTI. 

Baca: Usai Balap Ketahanan Audi, Rio Haryanto Ikut Bali TriathlonMantan pembalap tim F1 Manor Racing ini berharap masih dapat turun balapan di ajang kompetitif. Rio terakhir kali beraksi di ajang balap ketahanan SIC888 yang berlangsung sekitar enam jam di Shanghai International Circuit, awal Oktober lalu mengendarai Audi R8 LMS GT4. “Ya saat ini masih mencari peluang untuk kembali balapan,” ujarnya.

Rio Haryanto resmi bergabung dengan Toyota Team Indonesia. Penandatanganan kerja sama Rio Haryanto dengan Toyota Indonesia dilakukan di Sirkui Fuji Speedway, Jepang, 25 November 2018, bertepatan dengan ajang Gazoo Racing Festival.

Rio Haryanto (kanan) bersama Haridarma Manoppo (tengah) dan Alinka Hardianti di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, 24 November 2018. Rio menjadi penasehat Toyota Team Indonesia. (TTI)

General Manager Toyota Team Indonesia Memet Djumhana menyambut positif bergabungnya Rio ke dalam tim. Ia berharap kehadiran Rio mampu mendongkrak prestasi tim, khususnya memacu semang pembalap TTI seperti Haridarma Manoppo, Alinka Hardianti, dan Demas Agil. “Rio merupakan pembalap F1 yang kaya pengalaman, bisa berbagi ilmu dengan pembalap-pembalap TTI,” kata Memet. 

Pembalap muda TTI Demas Agil berharap dapat menimba ilmu dari Rio Haryanto. “Bergabungnya Rio pasti memacu saya untuk lebih cepat lagi di lintasan balap,” katanya. 

Baca: Tiba di Jepang, Rio Haryanto Langsung Seat Fitting Super Formula

Di seri terakhir Indonesia Touring Car Championship, pembalap TTI Haridarma Manoppo tampil sebagai juara kedua. Dalam balapan sebanyak 13 putaran ini, pembalap Honda Racing Indonesia Alvin Bahar tampil sebagai juara dengan catatan waktu 22 menit 40 detik. 

Hari menempel ketat di posisi dua dengan catatan waktu 22 menit 43 detik, disusu Demas di tempat ketiga dengan waktu 22 menit 49 detik. Alinka yang pekan lalu tampil di Toyota Yaris One Make Race di Jepang finish di posisi kelima. Hari, meski hanya finish di posisi kedua namun cukup untuk mengukuhkan diri sebagai juara nasional ITCC 1600 Max 2018.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi