Meluncur 23 Januari, Suzuki Wagon R Sebar Foto Teaser
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 10 Januari 2019 15:54 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Teaser generasi terbaru Maruti Suzuki Wagon R mulai disebar di internet. Teaser Suzuki Wagon R ini muncul menjelang peluncurannya di India pada 23 Januari 2019. Maruti menyebutnya Big New Wagon R, yang menunjukkan peningkatan proporsi dimesi dibandingkan model sebelumnya.

Maruti Suzuki Wagon R 2019 sudah terlihat tanpa kamuflase serta menampilkan interior dengan kaya fitur, desain baru, dan powertrain yang lebih kuat. Wagon R adalah salah satu mobil dengan penjualan paling konsisten dan versi generasi baru diharapkan dapat menjaga momentum itu.

Maruti Suzuki belum menunjukkan secara spesifik segi desain pada Wagon R 2019 tapi modelnya terlihat akrab namun segar. Gril baru kini lebih lebar dipadukan dengan lampu depan yang besar, sedangkan bagian lampu belakang dipasang secara vertikal, dan kapnya juga sedikit lebih besar. Dimensi Wagon R baru akan lebih panjang dan lebih lebar dari pendahulunya, jadi ruang kabin dan kapasitas kargo pada model baru lebih luas.

Baca: Suzuki Wagon R Laris Pasar Ekspor, Lesu di Dalam Negeri

Kabin juga mengalami peningkatan, ada banyak perubahan termasuk konsol instrumen baru, sistem infotainment layar sentuh, dan banyak lagi. Dasbor mendapatkan dual-tone treatment. Sistem ini juga kemungkinan akan datang dengan Apple CarPlay dan Android Auto. 

Maruti Suzuki Wagon R 2019 juga menghadirkan mesin bensin 1.2 liter baru. Mesin ini dipinjam dari Swift, dan tersedia untuk varian teratas. Varian dibawahnya masih menggunakan mesin K-Series tiga silinder 1 liter. Pilihan transmisi mencakup manual 5 percepatan dan AMT. Mobil baru ini tentunya juga memenuhi regulasi keselamatan di India. 

Baca: Ini Perbedaan Suzuki Wagon R 2019 Dibanding Model Lama

Wagon R baru di India akan bersaing dengan Hyundai Santro, Tata Tiago, Datsun GO, dan Renault Kwid. Harga akan tetap kompetitif dan diperkirakan akan ada peningkatan dibandingkan versi saat ini. Rincian lebih lanjut tentang Wagon R akan tersedia pada 23 Januari, sementara pengiriman ke konsumen diperkirakan akan dimulai menjelang akhir bulan ini.

Suzuki Wagon R selama ini juga diproduksi di Pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, Suzuki Wagon R buatan Tambun juga diekspor. 

Baca: Ekspor Suzuki Wagon R ke Pakistan Meningkat

Sepanjang periode Januari-September 2018, Suzuki mencatat jumlah ekspor Karimun Wagon R mencapai 23.712 unit. Performa ekspor Karimun Wagon R pada periode ini meningkat 27 persen dibanding perolehan periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 18.720 unit.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) berhasil membukukan volume ekspor Suzuki Wagon R dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) sebanyak 78.384 unit sejak pertama kali diekspor ke Pakistan pada 2014 silam. Pencapaian tersebut menobatkan Karimun Wagon R sebagai produk Suzuki dengan jumlah ekspor tertinggi dalam bentuk CKD.

AUTO NDTP | WP


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi