Mesin Wuling Almaz Diklaim Lebih Bertenaga, Simak Teknologinya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 3 Februari 2019 07:39 WIB

GOOTO.COM, JakartaWuling Almaz resmi diperkenalkan pada 23 Januari 2019 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Almaz merupakan sport utility vehicle pertama Wuling di Indonesia. Model ini diklaim memiliki banyak fitur modern yang umumnya hanya terdapat di mobil-mobil menengah atas alias mewah.

Sebut saja penggunaan layar monitor berukuran jumbo, 10,4 inci. Lalu kursi pengemudi yang dapat diatur secara elektrik, panoramic dengan sunroof, dan kameran 360 derajat.

Selain fitur modern yang melimpah, Almaz juga diklaim memiliki mesin dengan teknologi modern. Almaz dibekali mesin 1.500 cc, 4 silinder Turbocharged. Mesin ini menghasilkan output 140hp dengan torsi puncak 250Nm.

Baca: Menjajal Fitur 360 Cam Wuling Almaz, Parkir Lebih Mudah

Product Planning Wuling Motors Indonesia Danang Wiratmoto mengatakan bahwa secara umum sistem mesin dengan perangkat turbo seperti yang diaplikasikan pada Almaz mampu menghasilkan energi lebih banyak dengan bahan bakar dalam jumlah sama (yang digunakan pada mesin non turbo). " Di Indonesia, engine tersebut baru dipakai Wuling di Almaz," kata Danang kepada Tempo beberapa waktu lalu.

Layar sentuh berukuran 10,4 inci pada Wuling Almaz mampu menampilkan fitur 360 cam dengan lebih jelas. TEMPO/Wawan Priyanto

Wuling mengklaim mesin ini merupakan mesin 1,5 L Turbo dengan Honeywell latest generation turbocharger, torsi terbesar di kelasnya, efisien, dan telah melewati pengujian 10.000 jam dan 300 ribu kilometer.

Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi CVT (otomatis).

Menurut Danang, CVT atau Continuously Variable Transmission yang digunakan pada Almaz menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Bosch. Pada dasarnya, lanjut dia, CVT merupakan transmisi otomatis yang mampu mengubah rasio secara kontinyu sepanjang rentang rasionya.

Hal ini berbeda dengan transmisi tipe MT dan AT yang hanya mempunyai beberapa pilihan rasio yang ditetapkan. "Jadi, sebuah CVT mempunyai rasio yang tidak terbatas sama seperti CVT pada Wuling Almaz," ujarnya. 

Baca: Harga Kompetitif, Wuling Almaz Diyakini Bisa Rebut Pasar SUV

Danang menambahkan bahwa kelebihan CVT Wuling Almaz adalah adanya mode manual 8 percepatan. Artinya, ada 8 set angka rasio yang “disimpan” secara elektronik. Ketika pengemudi memilih mode manual, mereka dapat memilih rasio yang digunakan dari 8 set rasio yang disimpan tadi. "Dengan demikian, sensasi berkendara pastinya menyenangkan," katanya.

Hingga saat ini Wuling Motors Indonesia belum mengeluarkan harga untuk Wuling Almaz. Namun demikian, mobil yang mampu menampung 5 penumpang ini diperkirakan dijual dengan rentang harga antara Rp 300 juta hingga Rp 350 juta. Harga resmi Wuling Almaz diperkirakan akan diumumkan pada awal Februari 2019.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi