Land Rover Jadul Ini Dihargai Setara Mitsubishi Pajero Sport Baru
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 7 Juni 2020 16:47 WIB
Land Rover Seri 1 yang diproduksi tahun 1948 milik sopir pribadi Sultan Hamengku Buwono X Budhi Santoso. TEMPO/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Yogyakarta - Bagi komunitas pecinta  Land Rover, Seri 1, 2, dan 3, merupakan model favorit. Karena memang dikenal sebagai model yang langka dan menjadi impian setiap pecinta sejati Land Rover, termasuk para anggota Land Rover Community (JLRC) di Yogyakarta ini. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejak berdiri Agustus 2002 silam, komunitas itu kini sudah beranggotakan 150 an lebih pecinta Land Rover berbagai seri, termasuk seri-seri terlangka seperti Land Rover seri 1,2, dan 3 yang menjadi buruan kolektor.

"Yang terlangka dan collector item itu Land Rover Seri 1, yang diproduksi tahun 1948. Di komunitas sempat ada satu yang punya, namun sudah dijual, seharga Mitsubishi Pajero Sport baru," ujar Ketua Umum JLRC Dede Baskoro kepada Tempo Kamis 4 Juni 2020.

Dede menuturkan, pemilik Land Rover Seri 1 nan langka itu tak lain sesepuh dan salah satu pendiri JLRC, Budhi Santoso.

Dede menuturkan di DIY, mungkin hanya ada dua termasuk milik Budhi itu. Sedangkan di Indonesia populasinya bisa dihitung dengan jari.

"Istimewanya Seri 1 itu, dari STNK, chassis dan mesinnya teregistrasi langsung Land Rover Inggris. Jadi bisa dilacak palsu atau bukan. Makanya saat Seri 1 itu Pak Budhi itu terjual kemarin setelah dicek benar asli dan tidak ditawar lagi," ujarnya.

Budhi sang pemilik Land Rover Seri 1 itu sendiri selama ini dikenal sebagai driver pribadi Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ditemui Tempo, Budhi membenarkan memang sempat memiliki Land Rover Seri 1 yang sempat jadi maskot komunitas Land Rover Yogya itu. Segalanya dari mobil itu masih orisinil.

"Seri 1 itu sudah saya jual ke orang Bogor tahun 2018 lalu, kemudian saya belikan Land Rover Defender keluaran tahun 1992," ujar Budi yang menyebut harga jual Seri 1 itu dikisaran hampir Rp 500 juta.

Budi menuturkan, ia bisa mendapatkan seri terlangka mobil pabrikan Inggris itu karena sebuah kebetulan saja. Sebelum dimiliki olehnya, Seri 1 itu sempat dimiliki mantan sekretaris Sultan HB X yang mendapatkannya dari seseorang di Klaten Jawa Tengah.

"Karena mobil itu hanya dongkrok saja, lalu saya coba tanya, 'Kalau dimahari (dibayari) berapa? ' Tapi beliau boten kersa (tidak mau dibayari). Saya lalu diminta membawa saja mobil itu," ujar Budhi yang mulai merawat Seri 1 itu sejak tahun 1994 silam.

Setelah 24 tahun lebih merawat serta membawanya touring ke berbagai kota, Budhi ingin melepas mobil itu dan menggantinya dengan Land Rover lain. Sang pemilik pertama pun mengijinkan Budhi jika hendak menjual mobil tua itu.

"Saya sebenarnya juga agak khawatir saat menjual mobil tua itu, takutnya ada apa-apa setelah dijual," ujar Budhi yang juga memiliki Land Rover Seri 3 keluaran tahun 1960 itu.

Ketua Umum JLRC Dede Baskoro menuturkan Land Rover Seri 1 diproduksi kurun waktu 1948-1950.

Dede menuturkan, tak ada patokan harga pasti untuk Seri 1 nan langka itu. Tergantung para pemiliknya memberi harga.

Dede yang sudah 18 tahun menjadi Ketua Umum JLRC itu mengatakan Land Rover langka lain yang jadi buruan kolektor adalah mobil yang pernah dipesan BKKBN(Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) di tahun 1970 an. Land Rover BKKBN itu termasuk Seri 3.

Saat itu BKKBN memesan 100 unit khusus langsung dari Land Rover Inggris. Mobil itu digunakan untuk berkeliling memutar film kependudukan di masa awal Orde Baru.

JLRC sendiri merupakan pencetus event nasional Indonesia Land Rover United atau ILRU yang merupakan ajang silaturahmi pecinta Land Rover Indonesia yang digelar tiap dua tahun.

"Harusnya tahun 2020 ini ILRU digelar di Malang Jawa Timur pada 3-5 Juli, namun diundur karena pandemi Covid-19," ujar Dede.

PRIBADI WICAKSONO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi