Tak Perlu ke Bengkel, Berikut 7 Tips Merawat Motor Sehari-hari
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 28 Mei 2021 13:39 WIB
Perawatan motor matik bore up. Sumber: instagram @JRT_workshop

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha berupaya menyediakan fasilitas after-sales yang mumpuni bagi para penggunanya. Tak hanya itu, mereka juga memberikan tips merawat motor secara mandiri di rumah masing-masing.

"Perawatan motor sehari-hari juga dapat dilakukan oleh konsumen sendiri dan juga dapat memanfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY),” ungkap Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Divion PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dalam mendukung perawatan kendaraan konsumen, Riyadi mengatakan bahwa Yamaha telah memberikan kemudahan dalam menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) sebagai solusi praktis mengatasi masalah pada sepeda motor.

Dengan layanan ini, para teknisi Yamaha dapat melakukan service di tempat tinggal konsumen yang berhubungan dengan perawatan berkala. Dan kini Yamaha juga menyediakan aplikasi My Yamaha Motor yang mempermudah konsumen dalam mencari informasi mengenai SKY dan lokasi jaringan resmi Yamaha terdekat.

Bagi pengedara motor yang belum sempat melakukan perawatan di Bengkel Resmi Yamaha, mereka dapat mengikuti tips perawatan kendaraan sehari-hari di rumah. Berikut tips merawat motor yang dapat dilakukan sendiri di rumah dari Yamaha.

1. Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara mengecek fungsi sistem kelistrikan, pengecekan starter, klakson, dan lampu-lampu.

2. Mengecek level ketinggian oli mesin, apakah masih dalam batas normal atau tidak. Caranya, buka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 km.

3. Mengecek kebocoran oli, dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin. Lalu cek juga suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Memeriksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal. Memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta mengecek ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan.

5. Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman dan performa tetap maksimal. Tekanan normal ban depan adalah 255 kPa/33 psi dan ban belakang 250 kPa/36 psi.

6. Menjaga kebersihan motor dengan mencuciNYA, untuk mencegah karat pada body sepeda motor dan bagian lainnya.

7. Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga. Itulah beberapa tips merawat motor yang dibagikan oleh Yamaha.

Baca: Usai Berkendara Jarah Jauh, Berikut Tips Mudah Merawat Motor

HIDAYAT SALAM

#Tips Merawat Motor
#Tips
#Motor
#Sepeda Motor
#Yamaha

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi