Cerita Insinyur Jerman yang Jadi Saksi Transformasi Industri Otomotif Cina
Reporter: Terjemahan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Juni 2021 19:57 WIB
Bendera nasional Cina terlihat di Konsulat Jenderal Cina di Houston, Texas, AS, 22 Juli 2020. [REUTERS / Adrees Latif]

GOOTO.COM, Jakarta - Michael Steenbock adalah seorang insinyur Volkswagen asal Jerman yang sudah bekerja di industri otomotif Cina selama 18 tahun.

Pria yang kini usianya sudah berusia 61 tahun tersebut pun bisa dikatakan sebagai saksi transformasi idustri otomotif Cina.

Menurutnya, industri otomotif di seluruh dunia memang sedang bertransformasi ke Kendaraan Energi Baru (NEV), seperti panel kontrol, airbag, dll.

“Industri otomotif di seluruh dunia dan juga di China sedang menghadapi periode transformasi yang hebat,” katanya, dikutip dari xinhuanet.com.

“Jelas bahwa NEV adalah masa depan industri otomotif, dan China adalah pasar NEV terbesar di dunia,” lanjut Steenbock.

Steenbock diketahui memiliki banyak pengalaman di industri otomotif, yakni di Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) Volkswagen dan Volkswagen Group Cina.

Saat ini, dirinya terlibat dalam program pelatihan bakat untuk para insinyur muda yang bisa menjembatani hubungan kerja sama antara Cina dan Jerman di industri otomotif.

Program itu nantinya akan memberangkatkan 45 siswa Jerman berlatar belakang teknik untuk bergabung dengan kantor pusat Volkswagen Cina.

"Jerman memiliki tradisi panjang perintis dalam industri otomotif. Cina adalah salah satu pasar paling dinamis di seluruh dunia saat ini,” katanya.

“Talenta dari kedua negara dapat membangun jaringan mereka sendiri di dalam perusahaan dan memperluas cakrawala mereka dengan mengunjungi dan bekerja sebagai anggota tim lokal di negara lain," tutupnya.

Saat ini, Steenbock memiliki target untuk mendukung perkembangan jangka panjang industri otomotif Cina.

Baca: Chip Semikonduktor Langka, Industri Otomotif Minta Bantuan Pemerintah AS

XINHUA

#Industri Otomotif
#Cina
#Jerman
#insinyur
#Kendaraan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi