Sistem Keselamatan Baru Honda Sensing 360 Bakal Dirilis Tahun Depan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Oktober 2021 06:30 WIB
Ilistrasi fitur Advancement of Collision Mitigation Braking System pada Honda Sensing 360. (Honda)

GOOTO.COM, Jakarta - Honda telah memperkenalkan teknologi keselamatan baru untuk mobilnya, yakni Honda Sensing 360. Fitur baru ini masuk dalam sistem bantuan pengemudi ADAS yang menjanjikan sistem pendukung mengemudi aman omnidirectional untuk mobil Honda.

Sistem Honda Sensing 360 ini menggunakan kamera wide view dengan delapan sensor sinar yang ditempatkan di depan dan belakang. Fitur baru ini berfungsi membantu pengemudi memeriksa blind spot di sekitar kendaraan dan menghindari kecelakaan di jalan.

Dilansir dari laman Hindustan Times hari ini, Selasa, 19 Oktober 2021, Honda Sensing 360 akan diluncurkan pada mobil Honda yang dipasarkan di Cina pada 2022. Sistem keselamatan ini nantinya akan dirilis untuk semua model mobil Honda di negara-negara maju pada 2030.

Dalam sistem keselamatan baru ini, terdapat sejumlah fitur yang membantu pengemudi saat sedang berkendara. Adapun fitur tersebut antara lain, Collision Mitigation Braking System yang berfungsi mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki untuk menghindari tabrakan saat berbelok.

Kemudian ada fitur forward crossing vehicle warning yang berfungsi memberi tahu pengemudi jika ada kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan saat sedang melaju di kecepatan rendah. Saat ada risiko kontak dengan kendaraan lain, sistem akan memberikan peringatan agar pengemudi bisa menghindar.

Fitur selanjutnya adalah pencegah tabrakan saat mobil berubah jalur. Fitur ini membantu pengemudi menghindari tabrakan dengan kendaraan lain di jalur yang berdekatan dari belakang, khususnya saat pengemudi sedang mengubah jalur.

Lalu ada fitur dukungan perubahan jalur yang berfungsi membantu pengemudi saat ingin berubah jalur. Ketika lampu sein dinyalakan, sistem akan membantu operasi kemudi saat mengubah jalur. Namun fitur ini bisa berfungsi jika Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System (LKAS) diaktifkan.

Fitur terakhir adalah penyesuaian kecepatan kendaraan, yang berfungsi menyesuaikan kecepatan dengan tepat saat ACC beroperasi. Kamera depan akan membaca garis jalan dan membantu pengemudi menyesuaikan kecepatan ketika mobil keluar dari garis jalur tersebut.

Baca: HondaJet 2600 Concept Bakal Dipamerkan, Jangkauannya Jauh dan Lebih Irit

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Honda Sensing
#Honda
#Mobil
#fitur
#Pengemudi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi