Tips Menghindari Hydroplaning Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 9 November 2021 13:10 WIB
Sejumlah kendaraan melitasi genangan air di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu, 7 November 2021. Genangan tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta pada hari ini. TEMPO/Muhammad Hidayat

GOOTO.COM, Jakarta - Hydroplaning adalah kondisi yang berbahaya yang bisa memicu kecelakaan, khususnya bagi pengemudi mobil. Maka dari itu, para pengendara roda empat setidaknya wajib tahu tips menghindari hydroplaning di musim hujan.

Mungkin bagi beberapa orang masih asing dengan istilah hydroplaning. Kondisi ini bisa terjadi ketika mobil melintasi jalanan basah atau becek. Situasi tersebut nyatanya bisa membuat keempat roda kehilangan traksi.

Hal itu dikarenakan jumlah air lebih banyak dan ban mobil gagal untuk menerobos genangan tersebut. Alhasil, ban tidak bisa menyentuh aspal. Untuk lebih lengkapnya, berikut redaksi Gooto.com merangkum tips menghindari hydroplaning, dilansir dari Auto2000.

Menjaga Kondisi Ban

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kondisi ban mobil. Mengingat, kondisi ban harus selalu dalam keadaan baik untuk setiap perjalanan.

Tapak ban yang berada dalam kondisi prima dan tidak aus dinyatakan dapat meminimalisir adanya gejala hydroplaning. Jika ban mobil Anda gundul, maka air yang berada di telapak ban lebih susah dibuang.

Tekanan Angin Ban Tidak Kurang

Tips selanjutnya memperhatikan tekanan angin ban yang tidak boleh kurang atau harus ideal. Dengan begitu, ban dipastikan tidak akan gagal mencengkeram permukaan jalan. Pemilik kendaraan juga tidak disarankan mengisi tekanan angin terlalu keras.

Jangan Rem Mendadak

Saat mengemudi mobil di musim hujan, maka kemungkinan besar bakal menghadirkan banyak genangan air. Maka dari itu setiap pengendara tidak disarankan untuk melakukan rem mendadak. Jika hal ini dilakukan maka ban mobil berpeluang terkunci dan meluncur tanpa dapat dikendalikan.

Berhati-hati dalam Manuver

Selain tidak disarankan untuk melakukan rem mendadak, setiap pengendara juga tidak diperbolehkan bermanuver secara ekstrem. Saat melintasi genangan air, Anda wajib menjaga kemudi dengan stabil. Anda juga tidak disarankan untuk mengemudikan mobil dalam kecepatan tinggi agar terhindar dari hydroplaning.

Baca: Sopir Vanessa Angel Diduga Alami Highway Hypnosis, Ini Tips Mengatasinya

AUTO2000

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Tips
#Mengemudi
#Mobil
#Musim Hujan
#Genangan Air
#Ban Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi