WSBK Indonesia 2023 akan Melibatkan 99 Persen Marshal Lokal
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 12 Januari 2023 18:09 WIB
(Kiri-kanan) Priandhi Satria Juzar Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya, Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI, dan Troy Reza Warokka Direktur Operasi ITDC, bersiap menggelar WorldSBK di Indonesia pafa 3-5 Maret 2023. (Foto: Tempo/Kusnadi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Indonesia akan kembali menggelar balap motor World Superbike (WSBK) Championship di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 3-5 Maret 2023. Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya Priandhi Satria Juzar mengatakan ada perbedaan dengan gelaran WSBK 2022 dengan 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Di kegiatan sebelumnya kami menggunakan marshall leader dari asing. Dari sebelumnya 11 orang kini hanya 1 orang. Ini berkat bantuan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), meski dari Dorna sempat tidak menyetujui. Namun IMI dapat meyakinkan kita melakukan balap dan hasilnya mendapat apresiasi dari Dorna,” kata Priandhi di Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023. 

Dia menjelaskan bahwa hal tersebut sangat berkesan karena dilakukan hampir 99 persen orang Indonesia untuk gelaran WSBK. “Dan, teman-teman di IMI janji tahun ini akan mengikuti ujian Super Licence sehingga musim 2024 total 100 persen pengurusnya dari Indonesia,” kata dia. 

Persiapan start Race 1 World Supersport (WorldSSP) di Sirkuit Mandalika, Sabtu, 12 November 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan

“Kalau di Race kami sudah mampu melakukan, perbaikan minimal sekali. Sirkuit ini tidak kami sentuh sama sekali, dari sisi aspal, kerb dan lain-lain. Jadi ini seperti track day biasa, kapan lombanya ada jadi kami siap lakukan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4.300 meter dengan konfigurasi total 17 tikungan, untuk tikungan ke kanan dibuat 11 dan tikungan ke kiri dibuat 6. Lintasan lurus di sirkuit ini tersedia 723 meter, cukup untuk pembalap mendapat akselerasi puncak.

Tahun 2023 di Sirkuit Mandalika akan menjadi gelaran ketiga kalinya WSBK. Pada tahun 2021 merupakan perdana bagi Mandalika menggelar hajatan berkelas internasional. Jonathan Rea sebagai pembalap Kawasaki menguasai race 1 dan race 2.

Baca juga: Reli Dakar 2023: Loeb Menangi Etape 10, Al-Attiyah Pimpin Klasemen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi