F1 Monako 2023: Pole position Pertama Max Verstappen di Monte Carlo
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 28 Mei 2023 10:20 WIB
Max Verstappen akan start terdepan di F1 Monako 2023, Minggu 28 Mei. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen meraih pole position di F1 Monako 2023, 27 Mei 2023, setelah sesi kualifikasi menjadi pembalap tercepat bukukan waktu 1:11,365 detik. Pada balapan hari Minggu, pembalap Oracle Red Bull Racing ini akan start terdepan, diikuti oleh Fernando Alonso di posisi dua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara pembalap tuan rumah, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang seharusnya tercepat ketiga pada sesi kualifikasi harus diberi penalti mundur tiga posisi. Akibat menghambat laju pembalap McLaren Lando Norris di terowongan saat sesi kualifikasi.

Keberuntungan diperoleh Esteban Ocon (Alpine), Carlos Sainz (Scuderia Ferrari), dan Lewis Hamilton (Mercedes) untuk naik satu posisi di garis start pada hari Minggu 28 Mei. 

Max Verstappen raih Pole Position di F1 Monako 2023, Sabtu 27 Mei 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Kita tahu akan sedikit lebih sulit pekan ini, tapi semuanya berakhir dengan baik. Sesi latihan hari pertama memang awalnya kurang baik, tapi sepertinya kita bisa terus sempurnakan dan lebih baik,” ujar Max Verstappen.

Semenjak berkarir di F1, sirkuit Monte Carlo sepanjang 3,337 km ini Max Verstappen belum pernah memijakkan start terdepan. “Lap terakhir saya kurang ideal, saya kerahkan semuanya dan ambil risiko di di sektor ketiga, saya tahu karena tertinggal. Saya menyenggol beberapa pagar pembatas tapi saya senang bisa di pole untuk kali pertama di sini,” kata dia. 

Sempitnya lintasan dan tikungan di sektor pertama dan kedua yang kemungkinan akan menjadi krusial pada awal start akan menjadi perhitungan Max Verstappen.

“Saya perlu start yang bersih, karena sangat pendek di tikungan pertama dan di Monako banyak hal bisa terjadi. Laju motor sangat cepat, berharap bisa raih hari positif,” yakin pembalap berbendera Belanda ini.

Team Principal Oracle Red Bull Racing Christian Horner berbincang dengan pembalap Max Verstappen jelang sesi latihan hari Jumat, 26 Mei 2023 di sirkuit Monte Carlo, F1 Monako 2023. (Foto: Red Bull Racing)

Christian Horner selaku Team Principal Oracle Red Bull Racing mengatakan bahwa untuk kali pertama melihat Max Verstappen mengendarai mobil sangat menyenangkan pada sesi kualifikasi. 

“Pada putaran terakhir saat berada di kawasan kolam renang, dirinya masih 0,2 detik tertinggal dari Fernando Alonso dan kemudian d sektor akhir Max menyenggol tembok dua kali, tapi momentumnya membuatnya lolos. Dia berpacu dengan waktu dan dirinya berhasil. Berkendara yang sulit dipercaya,” ujar Christian Horner.  

Pilihan Editor: Jelang F1 Monako 2023: Andrew Shovlin Bicara Potensi Mercedes

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi