Latihan Pembuka MotoGP Catalunya 2023, Aleix Espargaro Tercepat
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 2 September 2023 07:05 WIB
Aleix Espargaro bikin rekor tercepat di sirkuit Catalunya, 1:38,686 detik, Jumat 1 September 2023. (Foto: Aprilia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Latihan pembuka MotoGP Catalunya 2023, Jumat, 1 September, dikuasai dua pembalap tuan rumah dari tim Aprilia Racing.  Aleix Espargaro mampu catatkan waktu tercepat 1:38,686 detik dan posisi dua ditempati Maverick Vinales dengan waktu 1:39,048 detik.

Lintasan sepanjang 4.657 meter dari Circuit de Barcelona-Catalunya ini sekaligus menjadi catatan sejarah Aleix Espargaro menjadi yang tercepat. Dirinya memperoleh di Practice Race (PR) pada sisa detik terakhir, di putaran ke 22.

“Kami tahu ini baru hari Jumat tetapi menjadi yang tercepat, dengan rekam jejak, tidak diragukan lagi merupakan cara yang bagus untuk memulai akhir pekan. Saya juga senang dengan kecepatan yang ditunjukkan di kedua sesi, RS-GP bekerja sangat baik di sini dan saya menikmatinya," ujar Aleix Espargaro.

Pembalap Spanyol bernomor #41 ini mengatakan, "Namun, ini tidak akan menjadi akhir pekan yang mudah: terutama pada hari Minggu balapannya akan panjang, ini adalah sirkuit yang menuntut dalam hal cengkeraman dan pilihan ban serta manajemennya akan sangat penting.”

Sementara pembalap tercepat ketiga ada pembalap Ducati Lenovo yakni Francesco Bagnaia, torehkan waktu 1:39,061 detik. Posisi empat tercepat ditempati pembalap Prima Pramac Racing Johann Zarco dengan 1:39,257 detik. Sementara pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder bukukan waktu 1:39,346 detik.

Paling kecewa adalah dua pembalap Monster Energy Yamaha Factory Racing MotoGP yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli berada di posisi 17 dan 18. Membuat keduanya pasrah tak masuk list pembalap yang langsung ke Q2. Fabio dan Franco harus berjuang masuk posisi 1 dan 2 di sesi Q1 agar bisa ikutan di Q2.

Catatan waktu Fabio Quartararo dengan Yamaha YZR-M1 bernomor #20 tersebut 1:40,106 detik, sedangkan Franco Morbidelli yang mengendarai motor bernomor #21 tersebut hanya terpaut 0,049 detik dari Quartararo.

Marc Marquez dan Joan Mir di MotoGP Catalunya 2023. (Foto: Repsol Honda)

Sedangkan empat pembalap Honda kompak menjadi juru kunci di sesi Practice Race. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sempat terjatuh saat sesi latihan, hanya bisa catatkan waktu 1:40,249 detik berada di posisi 19, terpaut 1,563 detik dari Aleix Espargaro.

“Hari ini adalah tentang fokus pada diri kami sendiri, saya tidak merasa buruk dengan motornya. Pagi harinya saya melakukan kesalahan yang sama seperti di Austria ketika saya membandingkan part baru, apalagi dengan aerodinamis motornya banyak berubah. Pada sore hari kami melatih basis dan kecepatan kami, saya merasa baik tetapi kami jauh dari puncak. Besok tujuannya adalah mencapai yang terbaik dan terus sempurnakan motor,” yakin Marc Marquez.

Takaaki Nakagami dari Tim LCR Honda Idemitsu catatkan waktu 1:40,886 detik, menjadi pembalap tercepat ke 20. Mengikuti di posisi 21 ada Iker Lecuona (LCR Honda Castrol) berada di posisi 21 hanya terpaut 0,009 detik dari Nakagami. Sedangkan posisi 22 ditempati Joan Mir (Repsol Honda) dengan catatan waktu 1:41,013 detik.

Pilihan Editor: Bos Tim Balap Yamaha Optimistis di MotoGP Catalunya 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi