Motor Besar Yamaha akan Diproduksi di Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 4 September 2023 09:00 WIB
Rangka motor Yamaha. (Foto: YIMM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim telah mendapat kepercayaan Jepang sebagai basis produksi motor global. Hal tersebut dibuktikan dengan banyak motor Yamaha rakitan pabrik di Jakarta Timur itu yang diekspor ke berbagai negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan, ke depannya YIMM juga bakal memproduksi motor bermesin besar alias moge.

"Kita sudah mengekspor cukup besar. Hitung-hitungan kita sudah lebih dari 2 juta unit motor kita ekspor ke lebih dari 40 negara. Dan selama 20-30 tahun penjualan ekspor, Yamaha Indonesia quality sudah mencapai standard global quality," kata President Director & CEO YIMM Dyonisius Beti saat ditemui di Cakung, Jakarta Timur, Kamis, 31 Agustus 2023 kemarin.

Dyon menyebut, kualitas produk Yamaha Indonesia mendapatkan apresiasi di negara-negara tujuan ekspor, seperti Jepang, di negara-negara Eropa, di negara-negara Amerika, maupun di negara-negara maju lainnya.

"Indonesia dipercaya oleh Yamaha Jepang menjadi global factory, kita sudah mencapai level ini," lanjut Dyon.

Bos Yamaha Indonesia menambahkan bahwa Jepang akan melakukan transfer teknologi dalam produksi big bike nantinya.

"Kami juga mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi big bike ke depannya. Itu artinya ada kepercayaan dari pihak Jepang untuk transfer teknologi, karena kualitas dari Yamaha Indonesia dan sumber daya manusia itu sudah mencapai level yang tinggi. Jadi bukan hanya motor kecil, tapi motor-motor besar juga akan start untuk dialihkan produksinya ke sini (YIMM)," ucap Dyon lagi.

Diketahui saat ini, motor bermesin paling besar yang diekspor YIMM yakni berkapasitas 300 cc, seperti seperti Xmax 300 dan YZF-R3. Yamaha juga sebenarnya sudah memproduksi mesin berkapasitas mesin besar, tapi hanya komponen mesinnya saja, bukan motor utuh.

"Sebenarnya untuk engine (mogenya) sendiri kita sudah jalan untuk kita ekspor. Kita dapat kepercayaan dari pusat dan pabrik kita di Karawang itu sudah melakukan ekspor dari empat-lima tahun yang lalu, big bike engine. Ini kita ekspor ke Eropa dan Amerika. Sementara untuk sepeda motor (mogenya) dalam waktu dekat (akan kita luncurkan). Tunggu tanggal mainnya," tambah Production Director YIMM Teddy C.Yacob.

Pilihan Editor: Yamaha YZ250F 50th Anniversary Edition, Penyempurnaan Menyeluruh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi