Dorna Sports Buka Peluang Hongaria Kembali Gelar MotoGP
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 20 September 2023 08:00 WIB
Sirkuit Hungaroring. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dorna Sports membuka peluang untuk Hongaria kembali menggelar ajang balap MotoGP di musim depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa 19 September 2023. Dorna tengah berkolaborasi dengan Hungarian Mobility Development Agency (Humda) dalam membicarakan peluang Hongaria menjadi tuan rumah Hungarian Mobility Development Agency (Humda).

Keduanya bekerja sama dalam homologasi Hungaroring dan Sirkuit Balaton Park untuk membawa MotoGP dan World Superbike (WorldSBK) kembali ke Hongaria. Sebelumnya, Hongaria pernah juga menjadi tuan rumah untuk ajang balap motor ini, yakni pada tahun 1990 dan 1992.

Namun saat itu, balapan masih era 2-tak, masih menggunakan nama Grand Prix dan belum berganti ke MotoGP. Dalam catatannya, pembalap yang pernah menjuarai balapan di sirkuit Hungaroring adalah Mick Doohan pada 1990 dan Eddie Lawson pada 1992.

Diketahui kesepakatan terbaru antara Dorna Sports dan Humda adalah untuk memasukkan Balaton Park ke dalam kalender WorldSBK 2024 dan sebagai tempat cadangan untuk MotoGP musim depan. Setelah itu, baru diikuti Hungaroring menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2025.

Untuk Balaton Park, baru akan dibuka tahun ini. Sirkuit ini menjadi sirkuit kedua di Hongaria yang sudah mengantongi lisensi Grade 1 dari FIA. Disebutkan bahwa sirkuit tersebut untuk saat ini baru bisa menampung 10.000 penonton dan tentunya akan ditambah ke depannya.

Gelaran MotoGP Hongaria bisa saja terlaksana untuk menggantikan posisi MotoGP Kazakhstan yang tahun ini dibatalkan karena masalah homologasi. Bila hal tersebut kembali terulang di musim 2024 bukan tidak mungkin MotoGP Hongaria bisa telaksana lebih cepat.

Pilihan Editor: Dua pembalap Yamaha Fokus Aerodinamika hingga Sasis di Tes Misano

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi