Jorge Martin Raih Pole Position di MotoGP Australia 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 21 Oktober 2023 16:17 WIB
Jorge Martin raih pole position di MotoGP Australia 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaJorge Martin (Prima Pramac Racing) berhak atas pole position MotoGP Australia 2023 setelah catatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi Sabtu ini, 21 Oktober. Posisi kedua tercepat adalah Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan posisi ketiga ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di sesi kualifikasi MotoGP Australia, Jorge Martin bahkan sekaligus pecahkan rekornya sendiri kelilingi sirkuit Phillip Island yang dibuatnya tahun lalu, 1:27,767 detik, kini menjadi 1:27,246 detik.

Persaingan kian memanas tentunya di persaingan titel Juara Dunia MotoGP 2023 setelah Jorge Martin terjatuh di MotoGP Indonesia. Matin ingin mengejar ketertinggalan poin dari Francesco Bagnaia.

“Catatan waktu yang bagus dan motor juga kencang, jadi saya harap kita bisa memberikan yang berbeda di balapan kali ini,” ujar Jorge Martin.

Hanya saja pembalap asal Spanyol ini mengakui tak banyak data dengan kompon ban, karena full Race digeser di hari Sabtu dan Sprint Race digelar hari Minggu, 22 Oktober. Akibat perkiraan cuaca akan hujan deras dan angin kuat pada hari Minggu, kejadian yang akan sama seperti tahun 2019, Miguel Oliveira sempat terempas dari motornya saat masih di kelas Moto3, alami kecelakaan di tikungan pertama.

Jorge Martin MotoGP Australia 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Balapan hari Sabtu yang akan langsung sepanjang 27 lap ini membuat Jorge Martin sedikit khawatir. “Balapan penuh ini i(Sabtu) kita belum ada banyak informasi juga akan hujan pada hari Minggu. Keduanya tentu akan sulit dipahami dengan manajemen ban belakang dan depan. Kita akan mencoba menghadapinya!” ujar Jorge Martin.

 Sementara itu brad Binder yang terpaut nyaris setengah detik dengan peraih pole position di sesi kualifikasi, bukukan 1:27,662 detik, mengakui KTM RC16 bisa lebih baik dikendarai dengan ban untuk kualifikasi.

“Motor bisa melaju luar biasa dengan ban kualifikasi, tentunya ini hasil kerja keras tim yang membuat kami berada di sini,” ujar Brad Binder.

“Membanggakan bisa berada di posisi dua, merupakan kualifikasi terbaik saya di MotoGP. Sepertinya balapan kali ini akan menjadi penyelamat balapan dengan apa yang dikhawatirkan bersama (cuaca), persaingan akan semakin sengit hari ini,” yakin pembalap bernomor 33 ini.

Ada di sesi kualifikasi kali ini, hanya Marc Marquez mewakili produsen Jepang yang tembus sesi Q2, setelah di Q1 bersaing ketat dengan Francesco Bagnaia serta Alex Marquez untuk menjadi yang teratas agar bisa lolos.

Marc Marquez menjadi pembalap ketujuh tercepat, Honda RC213V hanya bisa bukukan waktu 1:28,012 detik. Terpaut cukup jauh dengan rekor baru Jorge Martin, di catatan waktu tertinggal hingga 0,766 detik.

Kemudian mesin motor Jepang kembali berada di posisi 16, ditempati oleh Joan Mir (Repsol Honda) dengan catatan waktu 1:28,841 detik. Dilanjutkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) di posisi 17 hanya catatkan waktu 1:28,925 detik.

Pilihan Editor: Pembalap Yamaha akan Maksimal Sejak Jumat Hadapi MotoGP Australia 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi