Lewis Hamilton dan Charles Leclerc Terkena Diskualifikasi di F1 Amerika 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 23 Oktober 2023 12:05 WIB
Lewis Hamilton di F1 Amerika 2023 harus serahkan podium posisi dua kepada Lando Norris. Akibat ditemui penahan benturan tak sesuai dengan regulasi teknis FIA. Minggu, 22 Oktober 2023. (Foto: Mercedes)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaLewis Hamilton dan Charles Leclerc harus menyerahkan posisinya kepada pembalap lain dan hasil balapan selama 56 lap di F1 Amerika 2023, harus dibatalkan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lewis Hamilton dan Charles Leclerc terkena diskualifikasi dari F1 Amerika karena setelah dilakukan pemeriksaan ditemui penggunaan komponen yang tak sesuai regulasi oleh tim FIA Technical.

Pihak pemeriksa terkait melaporkan bahwa, “Di lokasi skid area -825 > XR > 1025 ditemui tak sesuai dengan peraturan di Article 3.5.9 e) sesuai 023 Formula One Technical Regulations.”

Adanya hal tersebut di atas, keduanya dilaporkan kepada petugas balapan.

Kedua tim sudah mengirimkan perwakilannya untuk melakukan hak jawab ke steward. “Tingginya keausan pada skid pad mungkin disebabkan oleh kombinasi unik dari trek bergelombang dan jadwal balapan Sprint yang meminimalkan waktu untuk menyiapkan dan memeriksa mobil sebelum balapan." 

Meski begitu steward kembali menegaskan bahwa perlunya sportifitas dari tim dan pembalap untuk menyiapkan mobil sesuai regulasi. 

“Peserta bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mobilnya selalu mematuhi peraturan selama perlombaan. Dalam kasus khusus ini, Skid belakang di area yang ditentukan dalam laporan Delegasi Teknis berada di luar ambang batas yang ditentukan dalam Article 3.5.9 e) of the FIA Formula One Technical Regulations, yang mencakup toleransi keausan."

Adapun Hamilton finis posisi dua membuat Lando Norris naik ke posisi dua dan Carlos Sainz Jr. naik ke posisi tiga begitu juga dengan Perez naik posisi empat dan George Russell berada di posisi lima. 

Sedangkan Charles Leclerc yang finis posisi enam harus rela kehilangan posisi dan tak mendapatkan hasil poin satupun. Membuat Pierre Gasly, naik dua peringkat ke posisi enam, Lance Stroll ke posisi tujuh, Yuki Tsunoda ke posisi delapan, Alexander Albon ke posisi sembilan. Rejeki bagi Logan Sargeant, menjadikan dirinya mendapat poin perdana di balapan negaranya sendiri. 

Pilihan Editor: Desain Unik Red Bull Racing di F1 Amerika 2023, Hasil Coretan Penggemar dari Argentina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi