Menang di F1 Meksiko 2023, Max Verstappen Perpanjang Rekor!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 30 Oktober 2023 13:00 WIB
Max Verstappen menang di F1 Meksiko 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen memenangkan balapan F1 Meksiko 2023, 29 Oktober. Menggeser dua pembalap Ferrari yang menguasai baris start. Posisi dua ditempati Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas Formula 1), dan posisi tiga diraih Charles Leclerc.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di F1 Meksiko, Max Verstappen juga sekaligus memperpanjang rekor kemenangan satu musim F1 2023 menjadi 16 kali, patahkan rekor 15 kali kemenangan pada musim F1 2022.

“Laju motor sangat bagus kali ini, kita merencanakan beberapa strategi berbeda ke semuanya tapi sayang kita tak bisa menunjukkan dengan adanya kibasan bendera merah,” ujar Max Verstappen yang sudah menang tiga kali di sirkuit Meksiko.

Max Verstappen perpanjang kemenangan ke-16 di F1 Meksiko 2023 dan tiga kali jawara sirkuit Meksiko. (Foto: Red Bull Content Pool)

“Kami sangat kuat dengan ban kompon keras hingga akhir. Menang sebanyak 16 kali di musim ini adalah tak pernah terduga menjadi nyata, musim ini dilalui sangat luar biasa,” tambah pembalap berbendera Belanda ini.

Lewis Hamilton yang start dari posisi 6 tak menduga akan kompetitif di F1 Meksiko, melihat pembalap Red Bull Racing sangat kuat dalam hal kecepatan. 

“Ini hasil yang luar biasa mengingat kami memulai dari P6 dan hari yang luar biasa bagi tim. Kami berusaha keras dan saya bangga dengan seluruh tim atas semua kerja mereka,: ujar Lewis Hamilton.

Pembalap berbendera Inggris ini menyatakan, “Ini merupakan beberapa minggu yang sulit bagi kami, jadi senang sekali akhirnya bisa bangkit kembali. Mobil terasa jauh lebih baik kali ini, dan kecepatannya pun kuat. Hari ini tentang keseimbangan mobil dan pengelolaan ban dan kami berhasil melakukannya dengan baik.”

Lewis Hamilton raih posisi 2 kemenangan di F1 Meksiko 2023. (Foto: Mercedes)

“Sekarang saya tidak sabar untuk segera berangkat ke Brasil dan semoga kecepatan mobil yang kuat bisa berlanjut,” jelas Lewis Hamilton.

Finis posisi tiga di F1 Meksiko yang padahal di awal menguasai pole position, Charles Leclerc hanya bisa finis posisi tiga. “Balapan yang rumit. Saya terjebak di antara dua Red Bull di awal dan sayangnya Checo (Perez) dan saya bersentuhan, yang menyebabkan saya mengalami beberapa kerusakan pada mobil dan Checo harus berhenti,” kata dia.

“Kemudian, kami sedikit kesulitan di kompon Hard setelah start ulang. Lewis (Hamilton) sangat kuat di Medium dan hanya mengalami sedikit degradasi, mengungguli kami. Ini bukanlah hasil yang kami inginkan, namun kami memaksimalkan hasil kami,” jelas Charles Leclerc.

Podium F1 Meksiko 2023 ditempati Max Verstappen (1), Lewis Hamilton (2), dan Charles Leclerc (3). (foto: Mercedes)

Saat balapan, Sergio Perez yang merupakan pembalap tuan rumah mencoba tampil maksimal dengan melakukan pengereman kuat di tikungan pertama selepas start. Sayangnya, pembalap Red Bull Racing alami kerusakan di bagian kanan belakang kendaraan, membuat RB-19 tak bisa melanjutkan lagi balapan.

Terjadi insiden di lap 33, pembalap Haas Kevin Magnussen menghantam tepian sirkuit. Akibat dudukan ban belakang kiri bengkok membuat mobil sulit dikendalikan.

Pilihan Editor: 2 Pembalap Scuderia Ferrari Amankan Pole Position F1 Meksiko 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi