Lewati Lando Norris, Max Verstappen Menang Sprint Race F1 Brasil 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 5 November 2023 08:38 WIB
Max Verstappen menang di Sprint Race F1 brasil 2023. (foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen berhasil memenangkan Sprint Race penghujung musim di F1 Brasil 2023, Sabtu, 4 November. Meski tak terlihat kencang di Sprint Shootout, selepas start langsung di tikungan pertama Max mengambil alih posisi Lando Norris (McLaren) pemegang pole position dan menyelesaikan 24 lap meninggalkan pembalap kedua di garis finis hingga 4,287 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bisa dibilang sepanjang 24 lap konsistensi balapan Lando Norris tak terganggu pembalap lainnya dengan finis posisi dua. Bahkan bisa mengatur jarak ketertinggalan cukup dekat dengan Max Verstappen. Sedangkan posisi tiga ditempati Sergio Perez tertinggal hingga 13,617 detik.

Tikungan pertama Sprint Race F1 Brasil 2023, Max Verstappen mengambil alih posisi pole position milik Lando Norris. Sabtu, 4 November 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Sprint Race terakhir musim ini menunjukkan konsistensi RB19 menang 4 kali dari 6 gelaran. Bahkan Max Verstappen berharap bisa terus perpanjang rekor kemenangan hingga penutup musim di F1 Abu Dhabi.

“Saat start adalah kunci kami untuk meraih kemenangan: senang bisa langsung memimpin balapan di tikungan pertama dan sangat penting untuk mempertahankan beberapa lap,” ujar Max Verstappen.

Pembalap yang sudah memegang titel Juara Dunia F1 2023 ini mengungkapkan bahwa sangat sulit untuk menjaga performa ban dengan begitu mudah terkikisnya kompon ban ketika Sprint Race. “Saya harus waspada semenjak awal balapan. Tak bisa langsung begitu saja meninggalkan pembalap lain, harus melihat momentum kapan harus akselerasi,” kata dia.

Max Verstappen menegaskan begitu senang dirinya bisa mempertahankan performa ban. “Kita juga sukses lakukan Sprint Race musim ini, sangat positif. Kita akan terus pelajari hasil kali ini,” ujarnya.

Menanggapi Lando Norris yang cukup kompetitif di Sprint Race, Max Verstappen mengungkapkan. “Lando Norris sudah sangat dekat dengan saya untuk durasi balapan, pastinya akan bisa lebih dekat hasilnya di balapan hari Minggu,” yakinnya.

Max Verstappen di F1 Brasil 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Menanggapi finis posisi dua diapit oleh dua pembalap Red Bull Racing, Lando Norris berujar. “Balapan yang menyenangkan. Mengawali start sangat bagus kemudian selepas start mencoba mencari aman. Inilah yang harus disempurnakan untuk balapan hari Minggu, meskipun laju mobil sudah sangat kencang dan siap untuk balapan. Saat mengejar Max tapi belum cukup,” kata dia.

Lando Norris mengakui sangat kagum dengan laju mobil di Sprint Race. Bahkan tak mengira bisa bersaing dengan Max Verstappen di lintasan yang tak terlalu cocok dengan karakter mobil McLaren. “Setidaknya saya bisa bangga dengan performa kali ini. Balapan hari Minggu nanti saya akan berusaha bagaimana caranya bisa bertarung keras dan mengamankan poin untuk tim,” jelasnya.

Adapun Sergio Perez yang berusaha kuat start dari posisi tiga berusaha kuat untuk menjaga posisinya dari serangan dua pembalap Mercedes-AMG terutama bertarung sengit dengan George Russell.

“Merupakan hasil yang bagus, tapi andai startnya bagus dan kemungkinan raih posisi pertama. Kita alami start yang buruk di lap pertama, kehilangan posisi disalip pembalap Mercedes-AMG, hal itu tidak kita inginkan, membuat saya harus berusaha keras mengambil alih posisi dan sudah menyiksa ban di awal, sehingga harus membayarnya dengan posisi tiga,” beber Sergio Perez.

Hasil Sprint Race F1 Brasil 2023, Max Verstappen (P1), Lando Norris (P2), dan Sergio Perez (P3). Sabtu, 4 November 2023). (Foto: Red Bull Content Pool)

Mencoba melupakan hasil posisi tiga di Sprint Race, Sergio Perez langsung membahas persiapan balapan hari Minggu yang pastinya sangat panjang dan perlu banyak pertimbangan agar bisa kompetitif raih poin besar.

“Semuanya perlu mempelajari apa yang terjadi di Sprint, kita menduga akan banyak degradasi kompon ban, semua pasti akan menderita, mesin hingga rem dan semuanya tentang ban juga. Balapannya akan panjang dengan banyak persaingan tapi laju mobil harusnya sudah bagus dan podium adalah target saya,” ujar Sergio Perez yang akan start di posisi 9 pada hari Minggu, 5 November di sirkuit Interlagos. Autodromo José Carlos Pace, Sao Paulo, Brasil.

Pilihan Editor: Hasil Kualifikasi F1 Brasil 2023: Pembalap Mercedes Kurang Memuaskan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi