Max Verstappen Pegang Pole Position F1 Brasil 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 4 November 2023 10:55 WIB
Max Verstappen dan Adriano Pemain Legenda Bola asal Brasil, befoto usai raih catatan waktu tercepat di sirkuit Interlagos. (Foto: Formula 1)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen (Red Bull Racing) catatkan waktu tercepat 1:10,727 detik di sesi kualifikasi F1 Brasil 2023, Jumat, 3 November. Dirinya berhak atas pole position pada balapan hari Minggu, 5 November. Posisi kedua tercepat ditempati oleh Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), dan posisi tiga dimiliki Lance Stroll (Aston Martin Aramco).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sesi kualifikasi tak berlangsung sesuai rencana 12 menit, namun berakhir di sisa 4:19 detik akibat cuaca hujan deras di sekitar lintasan. Awan gelap sudah mulai mendekati lintasan sejak awal sesi kualifikasi Jumat petang waktu Brasil.

Max Verstappen berkomentar perihal sesi kualifikasi cuaca kali ini cukup menyulitkan. “Sangat menyenangkan bisa meraih posisi terdepan. Pada Q1 dan Q2, jarak antar mobil sangat kecil dan kami akhirnya menggunakan cukup banyak set ban kami. Saat kami mengantri untuk keluar pada Q3, Anda bisa melihat langit berwarna hitam. Saat kami keluar, sektor pertama baik-baik saja tetapi hujan mulai turun; angin bertiup kencang dan berubah arah di bagian tengah sehingga menyulitkan untuk dikendarai tetapi Tim menyuruh saya untuk terus melaju.” 

Pembalap berbendera Belanda ini menegaskan, “Saya belum pernah mengalami sesuatu yang memiliki pengaruh besar terhadap keseimbangan mobil, namun pada akhirnya itu tetap merupakan hasil yang bagus dan membuat kami siap untuk hari Minggu.”

“Untuk Sprint Race hari Sabtu, kami akan berusaha dan melakukan yang terbaik yang kami bisa karena menurut saya balapan Sprint akan berakhir ketat,” ujar Max Verstappen.

Sirkuit F1 Brasil 2023 jelang hujan deras di sesi Q3, Jumat, 3 November 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)

Sementara itu, Charles Leclerc beri komentar hasil kualifikasinya, “Hasil kualifikasi yang bagus. Q1 berjalan mulus, kami hanya menggunakan satu set Soft dan melakukan putaran yang solid dengan mobil yang terasa luar biasa, setelah kami melakukan beberapa perubahan pada setup setelah FP1. Di Q2, kami hanya melakukan satu putaran untuk raih waktu tercepat.”

Awan gelap yang datang dan mengakibatkan sesi Q3 dihentikan untuk lakukan stint kedua pertajam waktu. “Lalu muncullah pengalaman aneh. Di Q3, perubahan angin sangat mendadak, tidak ada grip dari sektor dua dan seterusnya. Saya tidak tahu apa yang diharapkan dari segi keseimbangan setelah saya memasuki tikungan, tapi saya menjaganya tetap rapi sehingga P2 tidak buruk mengingatnya,” ujar Charles Leclerc.

Lance Stroll mengakui sangat senang dengan hasil kualifikasi terbaik sejak musim F1 2020. Di sesi kualifikasi ini, mobil bermesin Mercedes tersebut catatkan waktu 1:11,344 detik.

“Mobil serasa bagus lewati semua sesi dan memuaskan. Dua mobil akan start dari baris kedua, kita bertekad raih podium pada hari Minggu meskipun di balapan nanti akan banyak kendala,” ujar dia.

Ditegaskan oleh Lance Stroll, bahwa dirinya sangat beruntung dengan turunnya hujan di lintasan saat sesi kualifikasi akhir Q3. Bahkan termasuk Fernando Alonso juga bisa menempel di posisi empat di garis start.

“Poin akan diberikan pada balapan hari Minggu. Kita lihat apakah kita bisa melakukannya dari posisi start yang bagus,” yakin Lance Stroll.

Di hasil sesi kualifikasi, ada beberapa pembalap bergeser posisinya akibat tak mengindahkan keselamatan pembalap di belakang. George Russell yang catat waktu tercepat ke enam harus bergeser ke posisi 8. Sedangkan Esteban Ocon dan Pierre Gasly juga harus bergeser ke posisi 14 dan 15.

Pilihan Editor: Pirelli Siapkan Ban Kompon Paling Lunak di Sisa Musim F1 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi