Max Verstappen Mengamankan Pole Position F1 Abu Dhabi 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 26 November 2023 13:31 WIB
Max Verstappen di F1 Abu Dhabi 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen (Red Bull Racing) menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi F1 Abu Dhabi 2023, Sabtu malam, 25 November, setelah membukukan waktu tercepat 1:23,445 detik. Pembalap kedua tercepat Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) hanya terpaut 0,139 detik, sedangkan pembalap ketiga tercepat ada Oscar Piastri (Mclaren) mencatatkan waktu 1:23,782 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Atas raihan waktu tercepat di sesi kualifikasi tersebut, Max Verstappen berhak atas pole position balapan hari Minggu, 26 November, di lintasan Yas Marina.

“Saya sangat senang bisa berada di pole, saya tidak menyangka. Akhir pekan sejauh ini agak sulit tetapi kami benar-benar meningkatkan mobil untuk sesi kualifikasi, kami melakukan semua yang kami bisa,” ujar Max Verstappen

Pembalap berbendera Belanda ini mengungkapkan bahwa dari lap pertama RB19 tampak lebih kompak dan pasti bisa lebih melaju lebih cepat. 

“Rasanya jauh lebih baik dibandingkan saat latihan. Ini merupakan musim yang sangat istimewa, kami sangat menikmatinya dan kami sangat bangga dengan apa yang telah kami capai,” kata dia. 

Bersiap untuk balapan hari Minggu di bawah sorotan cahaya lampu Yas Marina, Max Verstappen menegaskan, “Kami akan mencoba untuk memulai dengan baik besok, fokus pada balapan kami sendiri dan semoga mengakhiri musim dengan baik.”

Sementara Charles Leclerc tengah berjuang meraih poin lebih besar dari tim Mercedes untuk mengamankan posisi 2 Konstruktor F1 2023 yang kini hanya terpaut 4 poin di klasemen. Raih posisi dua dianggapnya sudah cukup memberikan perlawanan terhadap tim Mercedes.

“Saya sangat senang dengan catatan waktu yang diraih, dan kualifikasi di barisan depan bukanlah sesuatu yang kami harapkan hari ini. Ini bukan trek yang ideal bagi kami dan mengingat suhu yang tinggi, ini bisa menjadi trek yang sulit di balapan nanti,” ujar Charles Leclerc.

Kembali nenegaskan target berat dari tim Scuderia Ferrari, pembalap asal Monako ini memastikan, “Target utama kami adalah menempati posisi kedua dalam kejuaraan Konstruktor. Kami akan memberikan segalanya untuk menyelesaikan musim ini dengan baik!”

Adapun posisi tiga yang ditempati oleh Oscar Piastri sangat berpotensi untuk naik podium, apalagi mesin Mercedes dapat diandalkan di lintasan yang menuntut peforma tinggi.

Pembalap bernomor 81 ini mengungkapkan bahwa sedikit lakukan kesalahan di tikungan terakhir, yang memungkinkan dirinya bisa berada di barisan terdepan.

“Sesi yang sangat sulit, persaingannya begitu ketat. Kecepatan mobil sudah kencang. Hanya sedikit lakukan kesalahan, tapi andai tak lakukan kesalahan di tikungan terakhir kemungkinan tembus di barisan depan,” ujar Oscar Piastri.

“Secara keseluruhan saya senang dengan hasilnya, mobil sangat cepat sepanjang sesi latihan. Setelah dari F1 Las Vegas dan senang bisa mulai dari posisi tiga. Saya tak yakin dengan konsistensi laju mobil, tapi kita akan mengolah data yang ada. Bagi semuanya kemungkinan akan sama ceritanya,” bebernya.

Oscar Piastri bertekad, “Kita akan bekerja keras untuk mengamankan poin besar untuk finis di musim ini lebih kuat.”

Mercedes yang ingin mengincar posisi dua Konstruktor F1 2023, hanya George Russell yang berada di posisi empat tercepat di sesi kualifikasi. Lewis Hamilton tampil kurang cemerlang berada di posisi 11, hanya mencatatkan waktu 1:24,359 detik.

Pilihan Editor: Jelang F1 Abu Dhabi 2023: Bos Mercedes Cemas Ferrari Lebih Kencang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi