Jakpro Pastikan Formula Jakarta E-Prix Bakal Digelar Tahun Depan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 29 Februari 2024 16:00 WIB
Porsche 99X Electric, Pascal Wehrlein Formula E Jakarta E-Prix 2023 hanya finis posisi 6 di seri ke 11. Minggu, 4 Juni 2023. (Foto: Porsche)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perhelatan Formula E Jakarta absen di tahun ini dan diundur ke tahun 2025. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan bahwa absennya balap mobil listrik internasional ini di Indonesia dikarenakan pelaksanaan Pemilu 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena Pemilu," kata Project Director Jakarta E-Prix 2023 Ivan Cahya Permana, dikutip dari situs berita Antara pada hari ini, Kamis, 29 Februari 2024.

Ivan mengatakan bahwa pengunduran ini sudah mutlak kepastiannya yang ditetapkan bersama Formula E Operation (FEO). Terkait biaya komitmen (commitment fee), Jakpro menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah ada dan dijanjikan.

"Kami mengikuti apa yang ada saja, kan commitment fee sudah ada kontraknya, kita ikuti," ucapnya.

Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait jumlah hari penyelenggaran Formula E Jakarta nantinya. 

Sebelumnya, dalam kalender balap Formula E 2024, Jakarta yang semula dijadwalkan menjadi tuan rumah Formula E pada 8 Juni 2024, terpaksa dicoret dari kalender.

Adapun alasan dicoretnya Jakarta dari kalender balap Formula E 2024 karena waktu pelaksanaannya bersamaan dengan masa kampanye pemilihan presiden Indonesia yang berlangsung pada Juni 2024. Hal itu akan berdampak pada pengiriman logistik balapan di jalan Ibu Kota secara bersamaan.

Sebagai gantinya, Shanghai dan Hyderabad dikonfirmasi masuk sebagai kota tuan rumah Formula E musim 10. Terpilihnya kedua kota tersebut telah melalui persetujuan dalam pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober 2023.

Formula E akan menggelar balapan untuk pertama kalinya di Sirkuit Internasional Shanghai dengan balapan double-header pada hari Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024. Balapan Formula E Tiongkok sendiri pertama kali digelar di Beijing pada 13 September 2014, kemudian berlanjut di Sanya pada 2019, serta empat kali berlangsung di Hongkong pada musim ke-2 dan 5.

Kemudian, Hyderabad, India kembali menjadi tuan rumah Formula E pada 10 Februari 2024. Kota yang berada di negara bagian Telangana ini menjadi lokasi penyelenggaraan Formula E 2024 setelah mendapat dukungan dari Pemerintah Telangana dan Menteri KT Rama Rao.

"Tidak diragukan lagi kalender musim 10 kami adalah yang paling menarik bagi pembalap, tim, penggemar, dan pemirsa di seluruh dunia. Kami membawa Formula E ke Shanghai untuk pertama kalinya dan merasa terhormat bisa kembali ke India," kata Co-Founder dan Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: CEO Formula E Bertaruh Rp 3,9 M untuk Kemenangan Max Verstappen di F1 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi