Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Rilis di GIIAS 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 8 Maret 2024 17:14 WIB
Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter, Jakarta, 8 Maret 2024. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter dijadwalkan meluncur di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2024. Truk ini sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia pada tahun lalu. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Rencana (peluncuran) di GIIAS 2024," kata Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Daisuke Okamoto di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024. 

Menurut Okamoto, Fuso eCanter telah setahun ini menjalani pengujian penggunaan sehari-hari di berbagai kota di Indonesia. Tujuannya, kata dia, untuk mempelajari karakter pengguna truk listrik di Indonesia dalam mendukung bisnis mereka. 

Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, Aji Jaya, menyampaikan bahwa selama satu tahun ini truk listrik eCanter diuji oleh delapan perusahaan yang bergerak di bidang logistik di Pulau Jawa dan Bali. Setiap perusahaan diberikan kesempatan masing-masing selama dua bulan. 

"eCanter mendapatkan respons positif dari perusahaan-perusahaan yang melakukan pengujian. Sebagian dari mereka berminat melakukan pembelian unit," kata Aji. 

Aji mengklaim bahwa selama pengujian eCanter tidak ditemukan masalah berarti. Tetapi, kata Aji, ada masukan dari sopir yang ditugaskan oleh perusahaan untuk menguji yakni jarak tempuh baterai supaya bisa lebih jauh lagi. "Kami memahami budaya dari semula truk bermesin pembakaran internal (ICE) lalu ke listrik, tentu soal baterai ini akan menjadi masukan berarti bagi kami," ujar dia. 

Menurut Aji, perusahaan juga melakukan studi terkait efisiensi setelah penggunaan truk listrik untuk perusahaan. "Misalnya saja soal perawatan, kalau truk ICE perawatan di setiap 10 ribu km. Dengan eCanter bisa setiap 40 ribu km. Truk listrik juga tidak perlu mengganti oli mesin," tutur dia. "Satu hal lagi, biaya efisensi penggunaan bahan bakar yang tentu berdampak signifikan pada biaya operasional."

Truk listrik eCanter didatangkan langsung secara utuh dari Jepang (Completely Built Up). KTB belum memberikan informasi terkait harga jualnya untuk pasar Indonesia. 

eCanter menggunakan tiga baterai model modular. Setiap satu baterai memiliki kapasitas 41 kWh dan bisa menempuh jarak hingga 80 kilometer. Total jarak tempuh tiga baterainya mencapai 200 km.

Truk ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang baik, mulai dari kantung udara di kursi pengemudi dan penumpang, kamera dengan layar display untuk memonitor bagian belakang maupun depan, active sideguard assist, active brake assist, active attention assist, sensor pendeteksi obyek di samping truk, dan sebagainya. 

Pilihan Editor: Mitsubishi Fuso Pamerkan 5 Line Up Truk di GIICOMVEC 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi