5 Mobil Hatchback yang Dijual di Indonesia, Pilih Mana?
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 April 2024 12:00 WIB
Toyota Yaris GR Sport 2023 mendapat update eksterior. (Foto: Toyota Astra Motor)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hatchback merupakan salah satu segmen mobil yang cukup ramai diminati konsumen Indonesia. Mobil ini biasanya digunakan untuk mobil penumpang yang berbasis sedan, namun punya perbedaan dengan sedan, yakni bagasi belakangnya menggunakan ruang pada bangku belakang atau bangku penumpang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hatchback sendiri memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah dimensinya yang cenderung lebih panjang dari city car, sehingga mampu memberikan ruang kabin yang lebih lapang. Selain itu, dimensinya yang kecil membuat hatchback ini memiliki handling yang mudah dan nyaman diajak bermanuver.

Gooto merangkum lima hatchback yang cukup menarik untuk dimiliki. Berikut daftarnya:

Toyota Yaris GR Sport 2023. TAM

1. Toyota Yaris GR Sport

Salah satu hatchback milik Toyota yang dipasarkan di Indonesia saat ini adalah Yaris GR Sport. Model tersebut saat ini dipasarkan dengan banderol mulai dari Rp 326,1 juta hingga yang termahal Rp 349 juta.

Bicara spesifikasi, Toyota Yaris GR Sport dibekali mesin 1.496cc empat silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i. Konfigurasi mesin tersebut menghasilkan tenaga 107 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di 4.200 rpm. 

Yaris GR Sport memiliki radius belok 5,1 meter. Kemudian, karena ini versi GR Sport, terdapat beberapa emblem GR di sejumlah bagian mobil, misalnya di grille depan, karpet kabin, headrest jok, dan roda kemudi.

Mobil ini sudah dibekali dengan paddle shift dan kamera 360 yang ditampilkan pada head unit berukuran 9 inci. Panel meternya menampilkan gaya digital dan analog untuk memberikan informasi kendaraan. 

Suzuki Baleno hadir di GIIAS 2023. (Foto: TEMPO/Dimas Prassetyo)

2. Suzuki Baleno

Suzuki Indonesia memiliki mobil di segmen Hatchback, yakni Baleno. Model ini tersedia dengan pilihan transmisi otomatis yang dibanderol Rp 281,4 juta.

Baleno dibekali mesin bensin K15B 4 silinder segaris berkubikasi 1.462cc. Konfigurasi mesin tersebut menghasilkan tenaga 104,6 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya mencapai 138 Nm pada 4.400 Nm.

Hatchback andalan Suzuki ini dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan seperti ABS+EBD, ESP, Hill Hold Control (AT), sensor parkir belakang, SRS Front Dual Airbags, SRS Side Airbags, SRS Curtain Airbags, Childproof rear door locks, hingga immobilizer.

Mobil Toyota All New Agya dipamerkan dalam acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 di JCC, Jakarta, 11 Maret 2023. Mobil LCGC All New Toyota Agya mulai Rp 167,9 juta sampai Rp 191,4 juta.. TEMPO/Fajar Januarta

3. Toyota Agya

Model hatchback kedua yang dimiliki Toyota adalah Toyota Agya. Model ini dipasarkan dalam beberapa tipe, yakni E M/T, G M/T, G CVT,  GR Sport M/T, GR Sport M/T Dual Tone, GR Sport CVT, dan GR Sport CVT Dual Tone. Banderol mobil ini mulai dari Rp 167,9 juta hingga Rp 256 juta.

Toyota Agya dibekali mesin 1,2 L WA-VE untuk semua tipenya. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 88 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncaknya 113 Nm di 4.500 rpm. Ada dua opsi transmisi, yakni manual dan otomatis CVT.

Agya juga telah dilengkapi sejumlah fitur keselamatan seperti ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, ISOFIX, Airbag, Seat Belt Warning, Speed Sensor Lock, hingga Alarm dan Immobilizer.

Honda Brio RS fun slalom di Sirkuit Mandalika, 30 Mei 2023. (HPM)

4. Honda Brio RS

Salah satu pilihan hatchback yang dipasarkan di Indonesia adalah Honda Brio RS. Untuk Brio RS M/T dibanderol Rp 243,1 juta dan tipe Brio RS CVT dilego Rp 253,1 juta.

Honda Brio RS mengusung mesin 1.2L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di 4.800 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang diklaim mampu memberikan perpindahan transmisi lebih halus serta hemat bahan bakar.

Mobil ini dilengkapi beberapa fitur keselamatan seperti ABS+EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Dual Front SRS Airbag, Seatbelt Reminder, hingga struktur rangka G-Force Control (G-CON) yang dirancang untuk meredam dan menyalurkan energi benturan secara merata saat terjadi tabrakan.

Honda City Hatchback RS dengan teknologi Honda Sensing diluncurkan di Jakarta, 20 April 2022. TEMPO/Rafif Rahedian

5. Honda City Hatchback

Satu lagi pilihan hatchback dari Honda adalah City Hatchback RS. Model ini dipasarkan dengan harga Rp 352,5 juta untuk tipe M/T, 362,5 juta untuk tipe CVT, dan Rp 382,5 juta untuk tipe CVT with Honda Sensing.

City Hatchback RS dibekali mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.300 Nm. Terdapat fitur Paddle Shift untuk memberikan pengaturan perpindahan transmisi menggunakan tuas yang ada di belakang setir.

Tidak ketinggalan, fitur-fitur keselamatan juga tersemat di mobil ini, mencakup 6 airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Alarm System, Immobilizer, hingga penggunaan rangka G-CON+ACE with Side Impact Beam.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz A-Class Batal Pensiun, Ini Alasannya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi