Jorge Martin Tercepat pada Latihan Pertama MotoGP Amerika, Francesco Bagnaia Susun Strategi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 13 April 2024 11:00 WIB
Jorge Martin di MotoGP Amerika 2024. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaJorge Martin (Prima Pramac Racing) pada latihan hari pertama MotoGP Amerika, Jumat, 12 April 2024, berhasil mencatatkan waktu bersejarah kelilingi Circuit of the Americas (COTA). Ducati Desmosedici GP24 bernomor #89 mampu membukukan waktu 2:01,397 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara di posisi dua ditempati oleh Maverick Vinales (Aprilia Racing) membubuhkan waktu 2:01,473 detik. Kemudian diikuti oleh Marc Marquez di posisi tiga dengan catatan waktunya 2:01,809 detik.

Perihal sirkuit yang berlokasi di Austin, Texas ini, memiliki panjang 5.513 meter dengan kombinasi tikungan 11 ke kanan dan 9 ke kiri. Motor bisa lebih maksimal mengejar kecepatan tertinggi, karena lintasan lurus disiapkan sepanjang 1,2 km.

Tahun lalu pemegang catatan waktu tercepat COTA adalah Francesco Bagnaia yakni 2:01,892 detik, kini dipersingkat oleh Jorge Martin.

Maverick Vinales di MotoGP Amerika 2024. (Foto: Aprilia Racing)

“Semenjak dari Portimão kami menemukan pengaturan yang luar biasa dan yang terpenting, keseimbangan optimal antara ban depan dan belakang,” ujar Maverick Vinales. 

“Saya mampu menjadi sangat cepat, motor saya stabil, dan saya kompetitif baik dengan ban soft maupun medium. Saya mempunyai feeling yang luar biasa dengan RS-GP24. Saya sangat menyukai trek ini dan sungguh luar biasa bisa membalap begitu cepat dan agresif,” yakin pembalap bernomor #12 ini.

Adapun pemegang rekor tahun lalu yakni Francesco Bagnaia sudah mewanti bahwa Jorge Martin akan sangat kencang dengan Ducati Desmosedici GP24 di COTA ini.

Francesco Bagnaia hanya berada di posisi empat tercepat, terpaut 0,411 detik dari Jorge Martin.

Francesco Bagnaia di MotoGP Amerika 2024. (Foto: Ducati)

“Saya berhasil mendapatkan feeling yang baik dan kami meningkat di setiap balapan. Kami memutuskan untuk mengikuti strategi yang berbeda dibandingkan dengan yang lain karena kami lebih banyak melakukan lap dengan ban medium,” ujar Francesco Bagnaia. 

“Sepertinya ini pilihan yang bagus, meski ban lunak tampaknya bisa dikendalikan, tapi kita lihat saja besok dan kemudian kita akan membuat keputusan akhir tentang apa yang akan digunakan dalam balapan. Kami pastinya harus melakukan kualifikasi dengan baik dan kemudian mencoba untuk tetap menjadi yang terdepan sejak awal dalam perlombaan sprint,” ujar Francesco Bagnaia.

Pilihan Editor: Hadapi MotoGP Amerika Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team Latihan Keras

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi