3 Pembalap yang Berpeluang Menang di MotoGP Amerika 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 13 April 2024 12:00 WIB
Marc Marquez di MotoGP Amerika 2024. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Salah satu hajatan MotoGP MotoGP 2024 akan kembali ke Amerika Serikat akhir pekan ini, menggelar balapan MotoGP Amerika di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, pada 12-14 April 2024. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai informasi, Ajang Grand Prix balap motor pertama kali mampir ke Amerika Serikat pada 1961, dan digelar di sirkuit legendaris Daytona sampai 1965.

Amerika Serikat pun absen begitu lama dari kalender balap, sampai kemudian kembali lewat Sirkuit Laguna Seca pada 1988. Sayangnya, gelaran ini hanya berlangsung sampai 1994.

Laguna Seca kemudian kembali jadi tuan rumah pada 2005, yakni setelah GP500 berganti menjadi MotoGP pada 2002. Balapan di Amerika Serikat bahkan bertambah pada 2008, ketika Indianapolis Motor Speedway bergabung ke kalender balap, begitu juga COTA pada 2013.

Sayang, 2013 juga jadi tahun terakhir Laguna Seca menjamu MotoGP, dan Indianapolis terakhir kali menjamu MotoGP pada 2015. Alhasil, kini COTA jadi satu-satunya sirkuit di Amerika Serikat yang menggelar MotoGP. Tren ini justru berkebalikan dengan Formula 1, yang kini menggelar balapan di Miami, COTA, dan Las Vegas.

Dalam tahun ini setiap pembalap memang memiliki peluang yang sama untuk menang, namun terdapat 3 nama yang cukup diunggulan.

1. Marc Marquez

Marquez masih jadi penguasa balapan-balapan yang pernah digelar di Negeri Paman Sam.

Pembalap anyar Ducati tersebut telah mencatatkan 11 kali kemenangan saat masih berseragam Repsol Honda. Menariknya 10 kemenangan pertama diraih Marquez secara beruntun.

Kemenangan-kemenangan Marquez ini bahkan belum ditambah dengan dua kemenangan yang ia raih di Moto2. Bahkan Saking dominannya di Amerika Serikat, Marquez pun dapat dua julukan di negara ini, yakni 'King of COTA' dan 'The Sheriff'

2. Alex Rins

Rins tercatat menjadi juara bertahan di tahun 2023 saat masih berseragam LCR Honda. Pembalap  Monster Energy Yamaha ini pun bertekad untuk  untuk mengulangi kemenangannya.

“Tentu saja saya sangat senang bisa kembali ke COTA. Ini adalah trek yang sangat saya sukai, dan kemenangan tahun lalu adalah sesuatu yang istimewa. Saya sangat menantikan GP ini, yang merupakan salah satu favorit saya,” kata Rins, dikutip dari keterangan resmi Yamaha

Meskipun COTA dikenal cukup rumit, Rins menyukai karakteristik uniknya dan mengantisipasi balapan akhir pekan yang positif. Dia kembali dengan semangat tinggi ke tempat di mana tahun lalu dia memenangkan balapan utama MotoGP Amerika dan menempati posisi kedua di Sprint.

Rins tercatat telah menghiasi podium kelas premier di sana pada tahun 2022 dengan peringkat kedua dan tahun 2019 dengan peringkat pertama.

Dia juga berdiri di podium kelas Moto2 pada tahun 2016 dan 2015 masing-masing untuk meraih kemenangan dan tempat ketiga, dan pada tahun 2013 dia mengamankan kemenangan Moto3 di tanah Amerika.

“Daripada menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengenang, saya ingin fokus pada tugas yang ada. Kami harus menyesuaikan rencana, dan akan mengerjakan pengaturan motor saya akhir pekan ini,” ujar Rins.

3. Jorge Martin

Jorge Martin menjadi nama terakhir yang diunggulkan, hal tersebut terlihat dari hasil sesi practice MotoGP Amerika Serikat 2024.

Martin menjadi yang tercepat serta memecahkan rekor waktu MotoGP Amerika Serikat.

Sesi free practice MotoGP Amerika dimulai di COTA, Austin, Texas, Jumat, 13 April malam WIB. Pada Free Practice sesi pertama, Maverick Vinales menjadi yang tercepat.

Vinales menorehkan catatan waktu tercepat 2:03,292 detik. Ia lebih cepat dari Jorge Martin dan Pedro Acosta.

Namun ppada sesi kedua, Jorge Martin tampil luar biasa. Ia menggusur Vinales yang pada sesi sebelumnya menjadi pebalap tercepat.

Jorge Martin di urutan teratas usai bikin catatan waktu 2:01,397 detik. Torehan tersebut sekaligus membuatnya memecahkan rekor lap sebelumnya yang dipegang Francesco Bagnaia dengan 2:01,892 detik.

Pilihan Editor: Hadapi MotoGP Amerika Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team Latihan Keras

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi