2 Pembalap Ferrari Kesulitan di Kualifikasi F1 Kanada 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 9 Juni 2024 10:00 WIB
Scuderia Ferrari HP di F1 Kanada 2024. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pembalap Scuderia Ferrari HP tidak berada di barisan 10 besar di F1 Kanada 2024. Karena di sesi kualifikasi Sabtu, 8 Juni, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr. hanya bisa raih tercepat ke 11 dan 12.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terbuang di Q2 terbilang menyedihkan, karena Charles Leclerc hanya terpaut 0,032 detik dari pembalap tercepat ke 10 yakni Lance Stroll. Sedangkan Carlos Sainz Jr. terpaut 0,069 detik.

Charles serta Carlos langsung mengeluhkan kurangnya cengkeraman karena mereka kesulitan menaikkan suhu pengoperasian ban yang tepat. Mereka mencoba melakukan lebih dari satu putaran waktu pada set pertama Softs tetapi menjadi jelas bahwa mereka harus menjalankan set baru di kompon yang sama. 

Andalkan ban tersebut, mereka berdua berhasil lolos ke fase berikutnya dengan aman hanya dengan satu putaran waktu. Pada awal Q2, karena ada risiko hujan, kedua SF-24 menggunakan ban kompon Soft baru tetapi waktu putarannya tidak cukup baik untuk lolos ke Q3. Oleh karena itu tim memutuskan untuk kembali ke set ban Soft yang telah digunakan hanya untuk satu kali putaran di Q1, yang pada saat itu merupakan ban terbaik yang tersedia.

“Kami harus meninjau kembali sesi kualifikasi dan FP3 ini, karena kami tidak berada pada level yang kami perlukan,” ujar Charles Leclerc

Pembalap asal Monako bernomor #16 ini akan menerapkan strategi agar balapan bisa lebih kompetitif yang setidaknya bisa naik beberapa posisi di garis finis.

“Manajemen ban akan memainkan peran besar dalam balapan jadi kami harus fokus pada hal itu dan akan berusaha mendapatkan posisi besok. Dengan kondisi cuaca yang beragam, mungkin ada beberapa peluang yang datang kepada kita dan kita harus siap memanfaatkannya sebaik mungkin,” yakin Charles Leclerc.

Alasan yang sama juga dilontarkan oleh Carlos Sainz Jr. perihal penerapan ban saat kualifikasi, sehingga mengorbankan posisi start untuk balapan hari Minggu, 9 Juni.

“Ini adalah hari Sabtu yang berat bagi kami. Kami mengalami masalah dengan cengkeraman dan ban tidak dapat bekerja dengan baik. Pada lap terakhir di Q2 saya mencoba segalanya tapi sayangnya saya tidak berhasil di tikungan terakhir dan di situlah saya kehilangan peluang untuk melaju ke Q3,” ujar Sainz Jr. 

Meski begitu pembalap asal Spanyol ini sangat yakin bisa memperbaiki posisi, meski cuaca akan sangat mempengaruhi balapan hari Minggu. 

“Saya tetap positif untuk besok dan saya pikir kami masih bisa membawa pulang beberapa poin bagus. Kami akan memberikan yang terbaik,” yakin Carlos Sainz jr.

Pilihan Editor: Bos Scuderia Ferrari HP Komentar Jelang F1 Kanada 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi