Kizashi Andalan Suzuki Hadapi Camry dan Honda Accord
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 28 Oktober 2009 15:46 WIB
Dok: conceptcarz.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif Jepang, Suzuki Motors, di gelaran Tokyo Motor Show 21 Oktober lalu resmi meluncurkan varian sedan terbarunya, Suzuki Kizashi. Sedan ini disebut-sebut sebagai pesaing berat dari Toyota Camry dan Honda Accord.

SKizashiumber Suzuki seperti dikutip motoworld dan wolrcarfans.com menyebutkan, di pekan terakhir Oktober ini Kizashi sudah bisa dipesan karena telah dipajang di beberapa ruang pamer toko penjualan mobil di Jepang.

Disebutkan pula, setelah peluncuran di negara Matahari Terbit itu, Kizashi juga akan diluncurkan di sejumlah negara. Amerika, sebut sumber itu, merupakan negara kedua yang akan menjual sedan bermesin J24B 2.400 cc. Kizashi dalam bahasa Jepang memiliki arti tanda sesuatu hal yang besar.

Sesuai dengan nama itu, Suzuki mengklaim sedan premium itu tidak hanya memberikan kenyamanan dan keamanan di dalam kabin semata tetapi memberikan performa mesin yang tangguh.

Sejumlah fitur penunjang keamanan dan kenyamanan disematkan pada sedan tersebut. Di raung kabin misalnya, pada seluruh bagiannya dilengkapi piranti peredam suara. Sehingga kebisingan suara mesin maupun dari luar kendaraan bisa dihilangkan. Jok berbalut kulit standar mobil sport menghiasi kabin Kisazhi.

dashboard KizashiSedangkan,koneksi bluetooth, i-Pod, menjadi fitur standar. "Mobil ini memang ditujukan untuk kalangan eksekutif," tutur sumber Suzuki.

Sementara mesin 2.400 cc DOHC empat silinder itu mampu menyemburkan tenaga hingga 138 KW dan torsi maksimum hingga 230 Nm. Perangkat intake manifold serta knalpot ganda memberikan kenyamanan dalam berkendara mobil bertransmisi manual enam kecepatan ini. Sistem transimisi menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT), sehingga perpindahan gigi bisa berlangsung mulus dan halus tanpa hentakan.

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan berkendara mobil ini dilengkapi piranti Electronic Stability Control (ESC), serta delapan airbag. Tak lupa piranti Antilock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) dipasang pada keempat roda. Soal suspensi, Suzuki menjamin kenyamanannya.

kabin dashboardMobil bervelg ukuran 17 inchi itu menggunakan Multi Link Rear Suspension dari bahan alumunium yang didesain untuk meredam getaran dan guncangan.

Lantas kapan sedan ini dipasarkan di Indonesia? Yoshiji Terada, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Agen Tunggal Pemegang Merek Suzuki di Indonesia, Jumat (23/10) lalu, sempat menyinggung kemungkinan sedan itu dipasarkan di Indonesia.

Meski tidak secara tegas menyebut Kizashi, namun Terada mengatakan pada 2010 mendatang pihaknya akan menambah varian baru untuk memperkuat penjualan produk Suzuki di Indonesia. "Varian produk itu jenis sedan," akunya.

Apakah Kizashi? "Mungkin" kata Terada tersenyun. Bila ya, berapa sedan ini akan dibanderol? Lagi-lagi Terada menyebut belum bisa mengatakan. "Harga nanti saja," tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi