Honda Unicorn Belum Tentu Dipasarkan di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 8 Januari 2010 10:03 WIB
.
TEMPO Interaktif,New Delhi:Pabrikan Motor Honda di India, Kamis (06/01) resmi memperkenalkan konsep Honda Unicorn terbaru di arena New Delhi Auto Show 2010 yang digelar sepanjang 5 – 11 Januari. Namun, motor laki yang disebut-sebut sebagai pengganti Honda Mega Pro itu belum tentu dipasarkan di Indonesia .

hONDAPT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen dan pemegang merek motor Honda di Indonesia dengan tegas menyebut tidak ada rencana untuk memasukkan line up baru Honda itu ke Indonesia. “Karena (Honda) di masing-masing negara memiliki kebijakan sendiri yang sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Sehingga, (produk baru yang diluncurkan) juga disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, serta dinamika (persaingan) di pasar,” papar Kristanto, Kepala Komunikasi Perusahaan PT AHM kepada Tempo di Jakarta, Jumat (07/01).

Kristanto menambahkan bisa saja Honda Unicorn versi terbaru yang diluncurkan di India itu merupakan penyegaran dari versi sebelumnya (diluncurkan 2008 lalu), karena sesuai dengan keinginan konsumen maupun dinamika pasar di negeri itu. “Ini tentunya berbeda dengan yang kita hadapi di Indonesia . Soal apakah varian terbaru yang akan kami luncurkan di 2010 ini merupakan pengganti Mega Pro, Tiger, atau lainnya, kami belum bisa sebutkan. Yang pasti 2010 kami akan meluncurkan beberapa varian dengan inovasi teknologi terbaru, tetapi yang pasti bukan Unicorn,” terangnya.

Apakah hanya sekadar beda nama saja, tetapi mesin dan fitur pendukungnya sama? Soal ini Kristanto mengatakan, dalam memproduksi satu varian dalam satu merek, bisa saja Honda saling menggunakan teknologi produk yang kebetulan juga dipasarkan di negara lain. Namun, lanjut dia, yang perlu digarisbawahi adalah teknologi itu hanya menjadi dasar, karena soal pengembangan desain bodi, fitur, maupun penamaan tergantung Honda di masing-masing negara. “Karena bagaimana pun konsep dasar sama-sama dirancang perusahaan induk di Jepang,” akunya.

Seperti diwartakan Indianon2wheels, versi konsep Honda Unicorn 150 cc 4 stroke terbaru telah dipajang di arena pameran otomotif New Delhi yang ke 10 itu. Disebutkan, dibanding generasi sebelumnya, perubahan yang ada di Unicorn baru itu terlihat pada sistem suspensi belakang yang menggunakan monoshock. Pembungkus atau cover lampu utamanya terlihat lebih besar, laiknya motor khas India . Lampu sein ditarik sedikit ke atas.

Perubahan lainnya terlihat dari bodinya yang lebih ramping. Sementara jok dilapisi kulit dengan kelir berbeda sehingga mengesankan jok pengendara dan pembonceng terpisah layaknya sebuah motor sport. Air scoop yang berada di tangki dibuat memanjang ke bawah sehingga menutupi blok silinder.

Honda Unicorn baru itu berdaya 13,3 bhp pada 8.000 rpm, torsi 1,3 kilogram per mil pada 5.500 rpm. Sementara akselerasi 0 – 96 kilo meter per jam dicapain dalam tempo 5 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya, Honda menyebut motor ini mengkonsumsi satu loiter untuk menempuh jarak 60 kilometer. Namun sayang, di arena peluncuran itu Honda tak menyinggung banderol harga.

ARIF ARIANTO

#Pertandingan Persahabatan Sepak Bola

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi