Ekspansi Pabrik Mobil Diarahkan ke Luar Jawa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 18 September 2014 12:16 WIB
Sejumlah pekerja menata salah satu stan pameran mobil di Indonesia International Motor Show (IIMS), Kemayoran, Jakarta, 17 September 2014. Pameran otomotif tersebut akan berlangsung pada 18-28 September 2014. ANTARA/OJT/Martha Herlinawati Simanjuntak

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yakin produksi mobil bakal mencapai 5 juta unit dalam sepuluh tahun mendatang. Untuk menampung ekspansi industri yang masif, Lutfi meminta produsen mobil untuk membangun pabrik di sentra industri baru. "Terutama di luar Jakarta, dan pada akhirnya harus ke luar Jawa," kata dia saat membuka Indonesia International Motor Show 2014 di Jakarta International Expo Kemayoran, Kamis, 18 September 2014.

Menurut Lutfi, Indonesia membutuhkan waktu 40 tahun untuk bisa mencapai level produksi 1 juta unit, yang baru tercapai pada 2013-2014. Namun, kata dia, kurang dari lima tahun mendatang produksi mobil di Indonesia bakal mencapai 2 juta unit. Pada saat itu, Lutfi mendesak produsen mobil untuk membangun pabrik di luar Jakarta dan kawasan pendukungnya.

Pemerintah pun menyiapkan beberapa daerah yang bisa menjadi basis industri otomotif. Menurut Lutfi, dua di antaranya adalah di kawasan Semarang, Jawa Tengah, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Tapi setelah level produksi menembus 5 juta unit, pembangunan pabrik mobil bakal diarahkan ke luar Jawa. "Misalnya Balikpapan dan beberapa kota di Sulawesi, yang dekat dengan basis industri logam," ujarnya.

Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) mencatat produksi mobil pada Januari-Agustus 2014 mencapai 878.546 unit. Angka ini naik 13,84 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013, yang mencapai 771.718. Dari jumlah tersebut, 48,3 persen adalah mobil penumpang dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc. Produksi mobil hemat ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) berada di posisi kedua, dengan proporsi 14,8 persen. (Lihat: IIMS 2014, Mobil MPV Masih Bakal Laris Manis)

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerNikah Beda Agama, Ini Kata Menteri Agama Gunung Slamet Meletus Lagi Jokowi Tak Akan Hapus Kementerian Agama

#IIMS 2016 Update
#Kementerian Perdagangan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi