Toyota Usung Tiga Mobil Konsep di IIMS 2014  
Reporter: Tempo.co
Editor: Dewi Rina Cahyani
Kamis, 18 September 2014 13:43 WIB
Toyota Motor Corp, memamerkan mobil konsep terbarunya, Fun-Vii dalam pameran otomotif, Busan International Motor Show di Busan, Korea Selatan, (29/5). SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Astra Motor menghadirkan tiga konsep mobil baru pada pameran Indonesia International Motor Show 2014. "Tiga konsep mobil itu telah digodok dengan matang melalui riset teknologi yang panjang," kata Public Relation Manager Toyota Astra Motor, Rouli Hasintongan Sijabat, ketika dihubungi Tempo, Rabu, 17 September 2014. (Baca: IIMS 2014, Mobil MPV Masih Bakal Laris Manis)

Salah satu konsep yang paling matang adalah mobil jenis fuel cell vehicle (FCV). Toyota menghadirkan mobil ini untuk menjawab keresahan masyarakat terhadap emisi gas global. Mobil ini menggunakan bahan bakar hidrogen. Jadi, kata Rouli, emisi yang akan dihasilkan berupa uap air. Sebelumnya, FCV pernah dipertontonkan di Tokyo Motor Show tahun ini. "Mobil ini akan dipasarkan secara terbatas tahun depan," kata dia. (Baca: Mobil Konsep Ini yang Mejeng di IIMS 2014)

Mobil ini akan dijual ke daerah-daerah dengan infrastruktur dan fasilitas yang sudah siap untuk FCV. Rouli mengatakan ada dua negara yang disasar Toyota, yaitu Jepang dan Amerika Serikat. "Wilayah yang siap dengan FCV karena telah memiliki pompa hidrogen contohnya Tokyo dan negara bagian California," kata dia. (Baca: Mobil Mewah Ini Ramaikan IIMS 2014)

Mobil jenis lainnya yang akan diperkenalkan Toyota adalah FUN V 2. Sesuai dengan namanya, Rouli mengatakan, mobil ini menitikberatkan pada konektivitas antara pengendara dengan mobilnya. Mobil ini merupakan terobosan baru dari mobil dengan seri sebelumnya, FUN V 1. Bedanya, fitur-fitur mobil ini akan mengikuti emosi dan gerakan pengendaranya.

Rouli menambahkan, mobil yang hanya muat untuk satu orang ini tak dikendarai dengan steering wheel, melainkan dengan gerakan dan sentuhan pengendaranya. Selain itu, kata Rouli, warna mobil juga dapat berubah mengikuti mood pengendara.

Mobil ini akan diperlihatkan pertama kali pada Tokyo Motor Show tahun ini. Sayangnya, FUN V 2 belum akan dipasarkan dalam waktu dekat. "Masih ada riset dan regulasi yang harus diselesaikan," kata dia.

Konsep ketiga mobil baru dari Toyota berupa sport car. Rouli mengatakan mobil dengan sebutan ST 1 (Sport Toyota 1) ini mengedepankan desain mobil yang lebih sporty. Hal ini dikarenakan desain dibuat di Amerika Serikat dan bekerja sama dengan agen developer di sana. Sport car itu pernah dipertunjukkan dalam pameran mobil Deloitte Motor Show di Amerika Serikat awal tahun ini. "Untuk pasar Asia, Indonesia jadi negara pertama yang didatangi oleh ST 1," kata Rouli.

Ihwal kisaran harga setiap mobil terbaru Toyota ini, Rouli mengaku perusahaannya belum mematok harga yang pas. "Masih akan dibicarakan dengan melihat geliat pasar mobil dunia," kata dia.

Toyota menjadi salah satu dari 35 produsen otomotif yang ambil bagian dalam Indonesia International Motor Show 2014. Pameran diselenggarakan di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 18-28 September 2014.

Selain memamerkan mobil canggih, IIMS 2014 juga menghadirkan produsen komponen kendaraan lokal skala kecil menengah serta kendaraan buatan mahasiswa. Ketua Pelaksana IIMS 2014, Johnny Darmawan, mengatakan hal ini menjadi upaya untuk memperkenalkan karya anak bangsa agar mendapatkan perhatian yang lebih baik.

YOLANDA RYAN ARMINDYA

Berita Terpopuler Nikah Beda Agama, Ini Kata Menteri Agama Gunung Slamet Meletus Lagi Jokowi Tak Akan Hapus Kementerian Agama

#IIMS 2016 Update
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi