Toyota Siapkan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Jumat, 19 September 2014 17:08 WIB
Toyota Motor Corp, memamerkan mobil konsep terbarunya, Fun-Vii dalam pameran otomotif, Busan International Motor Show di Busan, Korea Selatan, (29/5). SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota tengah mempersiapkan mobil berbahan bakar hidrogen. Mobil berteknologi tinggi itu bakal segera dipasarkan secara komersial pada 2015 mendatang. "Rencananya, April 2015 diluncurkan di Jepang, lalu masuk Eropa dan Amerika Serikat pada musim panas," kata General Manager Corporate Planning dan PR Toyota Motor Indonesia, Widyawati, di arena Indonesia International Motor Show 2014, Kemayoran, Jakarta, Jumat, 19 September 2014. (Baca: Mercy Buatan Indonesia, Harga Rp 2 Miliar)

Widyawati mengatakan mobil yang dikenal dengan teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV) itu menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Menurut dia, Toyota berhasil menjadi salah satu pionir dalam pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen tersebut. Namun dia menyatakan Toyota belum berencana memasarkan mobil canggih itu di Indonesia. "Karena semua tergantung infrastrukturnya, dan di Indonesia saat ini masih belum memungkinkan bahan bakal hidrogen," ujarnya.

Adapun untuk teknologi yang diusung, General Manager Technical Service Division Dadi Hendriadi mengungkapkan bahwa Toyota memanfaatkan reaksi kimia yang terdapat dari unsur utama bahan bakar, yakni hidrogen. Unsur kimia itu kemudian dilebur bersama unsur lain, seperti air dan listrik, sehingga mampu menghasilkan tenaga yang cukup. Peleburan di antara unsur kimia itu kemudian disebutnya menjadi proses pembakaran yang optimal. (Baca: Harga Rp 400 Juta, Inden Isuzu MU-X Capai 400 Unit)

Menurut dia, teknologi tersebut bisa menghasilkan 122 tenaga kuda. Akselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 10 detik. Dengan bantuan baterai yang dikembangkan lebih mutakhir, dia mengklaim mobil FCV itu mampu melaju hingga 700 kilometer.

Dadi mengatakan mobil itu juga bisa digunakan sebagai penghasil listrik untuk menghidupkan rumah-rumah yang listriknya padam. Hal itu disebutnya sudah pernah diuji coba oleh Toyota pada saat tsunami yang melanda Jepang beberapa waktu lalu. "Dan hasilnya bagus, meski untuk menghasilkan listrik itu membutuhkan hidrogen sebagai bahan bakar," katanya. (Baca: Doyan Balap? Jajal All-New Subaru WRX-STI)

DIMAS SIREGARTerpopulerJokowi Kaget Biaya Perjalanan Pemerintah Rp 30 T  emokrat Merapat, JK Siapkan Kursi di Kabinet  Jadi Menteri Jokowi, Gerindra: Insya Allah, Kami TolakBeli Honda HR-V, Berapa Harganya?  Ring Satu Jokowi Ramai-ramai Ajukan Nama Menteri

 

#IIMS 2016 Update
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi