Bus Scania Buatan Lokal Meluncur di IIMS 2014  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 September 2014 00:10 WIB
Bus gandeng Scania Euro 6 terparkir dilapangan Monas usai diluncurkan di Silang Monas Jakarta (8/5). Bus asal Swedia dengan konsep Sustainable Travel itu diperkenalkan untuk transportasi Transjakarta dengan kapasitas 140 penumpang. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - PT United Tractor Tbk (UT) meluncurkan Scania Aerobus di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Menurut Sekretaris Perusahaan United Tractor Sara Loebis, bus ini dirakit oleh perusahaan karoseri lokal. "Barangnya dari Swedia, tapi dirakit oleh Laksana," katanya kepada Tempo, Senin, 22 September 2014.

Scania Aerobus yang memiliki tenaga 250 daya kuda ini bisa menampung 90 penumpang. Panjang bus ini mencapai 12 meter dengan daya tampung 23 kursi plus 67 penumpang berdiri. Digerakkan mesin diesel 5 silinder 6.300 cc, Scania Aerobus sudah memenuhi standar emisi Euro 3. (Baca juga: Mobil-mobil Ini Didesain Khusus untuk IIMS 2014)

Menurut Sara, Scania Aerobus punya beberapa keunggulan, yaitu biaya operasi yang murah serta ada fitur kenyamanan dan keamanan berstandar internasional. Salah satunya teknologi electronic levelling control (ELC) yang mencegah bus miring akibat arus keluar-masuk penumpang. Suspensi bus ini bisa meninggi dan merendah secara otomatis. Ada juga sistem pengereman elektronik (electronic brake system/EBS), rem antiselip (anti-lock braking system/ABS), serta fitur hill hold yang mencegah kendaraan mundur saat berhenti di tanjakan.

United Tractor, kata Sara, akan menggelar skema penjualan langsung Scania Aerobus dengan perawatan. "Supaya bus lebih awet dan terjamin," ujar Sara. Scania Aerobus buatan lokal dibanderol Rp 2,1 miliar off the road (belum termasuk pajak dan biaya persuratan) dan di luar biaya perawatan. (Baca juga: MPV Ini Cuma Dijual 50 Unit di Indonesia)

HUSSEIN ABRI YUSUF

Berita TerpopulerFahri Hamzah: Jokowi Kayak Enggak Pede PKS: Pilkada oleh DPRD Usulan SBY   Istri AKBP Idha Endri Ditahan

#IIMS 2016 Update
#United Tractor Tbk

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi