Si Mungil Daihatsu Copen, Seberapa Hemat BBM-nya?
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 September 2014 07:26 WIB
Daihatsu Copen. YOSHIKAZU TSUNO/AFP/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berniat memasarkan mobil sport convertible mungil Daihatsu Copen pada 2015. Di Jepang, mobil berkapasitas dua penumpang yang meluncur di Tokyo Motor Show 2014 ini masuk dalam kelas Kei Car atau mobil kecil. (Baca: 4 Mobil Konsep Daihatsu Dirancang Orang Indonesia)

Dari spesifikasi yang dirilis Astra Daihatsu, Daihatsu Copen memang mungil. Memiliki panjang 3,4 meter, mobil ini digerakkan dengan mesin KF tiga silinder berkapasitas 660 cc. Dengan kapasitas tersebut, mesin KF 660 cc bisa menyemburkan tenaga 64 daya kuda (Hp) dengan torsi maksimal 92 newton meter (Nm).

Untuk rasio konsumsi bahan bakar, Daihatsu Copen cukup irit. Copen diklaim "hanya" meminum bensin 22,2 kilometer per liter untuk transmisi manual dan 26,2 kilometer per liter pada versi otomatis. Daihatsu Copen mungkin bisa dijual murah dengan skema low cost green car atau LCGC karena rasio kehematannya memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah. (Baca: Dua Mobil Konsep Daihatsu Siap Diproduksi Massal)

Namun Astra Daihatsu punya rencana lain. Menurut Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Amelia Tjandra, harga Daihatsu Copen di Indonesia bakal lebih mahal ketimbang di negara asalnya, Jepang. Harga Daihatsu Copen di Jepang mencapai Rp 175 juta. Jika masuk Indonesia, harganya menjadi Rp 350-400 juta karena ada pajak dan biaya lain. (Baca: Mobil-mobil Ini Didesain Khusus untuk IIMS 2014)

Amelia mengatakan Daihatsu Copen tidak akan dijual melalui dealer atau showroom. Untuk sementara, Daihatsu Copen dijual sesuai dengan pemesanan atau inden. Pada 2015, Astra Daihatsu akan memberikan kesempatan bagi peminat Daihatsu Copen untuk melakukan uji kendara atau test drive. Momen ini dilakukan sekaligus untuk meluncurkan komersialisasi Daihatsu Copen, yang selama ini dikenal sebagai mobil konsep.

FERY FIRMANSYAH | HUSSEIN ABRI YUSUF

Berita TerpopulerFahri Hamzah: Jokowi Kayak Enggak Pede PKS: Pilkada oleh DPRD Usulan SBY   Istri AKBP Idha Endri Ditahan

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi