Ganti Warna Daihatsu Copen Terganjal Regulasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 September 2014 09:38 WIB
Daihatsu Copen. YOSHIKAZU TSUNO/AFP/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pemegang merek Daihatsu di Indonesia, akan menjual sedan convertible Daihatsu Copen tahun 2015. Daihatsu Copen punya banyak keunikan. Salah satunya memungkinkan si pemilik untuk mengganti warna bodi mobil, seperti mengganti casing ponsel.

Namun, ada aturan yang mengganjal keunikan mobil ini. Menurut Direktur Pemasaran Astra Daihatsu, Amelia Tjandra, proses penggantian warna harus sesuai dengan tanda yang tertera di Surat Tanda Nomor Berkendaraan Bermotor (STNK). Di dalam STNK, warna mobil sudah ditentukan sesuai dengan registrasi awal. Jika ingin berganti warna, otomatis berkas STNK harus diganti. (Baca: Si Mungil Daihatsu Copen, Seberapa Hemat BBM-nya?)

"Ini bakal menjadi polemik yang menyulitkan pemilik Daihatsu Copen yang ingin mengganti warna kendaraannya," kata Amelia kepada Tempo. Daihatsu pun belum memiliki solusi bagi calon pemilik Copen yang ingin mengganti warna tanpa melanggar aturan. Sebab, teknologi yang diusung kendaraan relatif baru dan belum banyak dibuat oleh pabrikan lain.

Menurut Executive Officer Research and Development Division PT Astra Daihatsu Motor Pradipto Sugondo, Daihatsu Copen bisa berganti panel bodi luar karena memiliki rangka struktur D-Frame. Lapisan terluar rangka yang terbuat dari resin bisa dibongkar pasang sesuai dengan gaya hidup pengendara," kata dia.

Selain bisa dibongkar pasang dengan gampang, ada keunggulan lain dari D-Frame. Pradipto mengatakan struktur rangka ini mendukung stabilitas laju mobil dalam kecepatan tinggi. Rangka ini pun kuat dan aman meski atap mobil sering dibuka-tutup. Untuk diketahui, Daihatsu Copen bisa mengangkut dua penumpang menggunakan atap buka-tutup atau convertible roof. (Baca: Tahun Depan, Daihatsu Copen Dijual Terbatas)

Daihatsu Copen memiliki panjang 3,4 meter dan digerakkan dengan mesin KF tiga silinder berkapasitas 660 cc. Dengan kapasitas tersebut, mesin KF 660 cc bisa menyemburkan tenaga 64 daya kuda (Hp) dengan torsi maksimal 92 newton meter (Nm). Untuk rasio konsumsi bahan bakar, Daihatsu Copen cukup irit. Copen diklaim "hanya" meminum bensin 22,2 kilometer per liter untuk transmisi manual dan 26,2 kilometer per liter pada versi otomatis. (Baca: Mau Daihatsu Copen? Harganya Rp 400 juta-an)HUSSEIN ABRI YUSUF

Berita TerpopulerIstri AKBP Idha Endri Kuasai Harta Bandar Narkoba Golkar Terbelah Hadapi Voting RUU Pilkada Resmi, Demokrat Dukung Pilkada Langsung

 

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi