Kisah si Cantik Pretty dan Angels di IIMS 2014  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 September 2014 10:10 WIB
Para Sales Promotion Girl (SPG) dari stand Suzuki berpose dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-21 di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, (24/09). TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Selain kendaraan canggih dan keren, pameran otomotif identik dengan penampilan gadis-gadis cantik. Coba tengok, perempuan dengan dandanan menarik bisa ditemui di hampir semua booth peserta pameran otomotif, tak terkecuali Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Wanita cantik ini biasa dikenal sebagai sales promotion girl atau SPG. Dengan kelembutan, kecantikan, dan senyumannya, mereka menjadi andalan agen pemegang merek atau pabrikan otomotif untuk menjaring pengunjung dan calon konsumen. (Baca juga: Syahrini, Arkarna, dan Para 'Angels' Ada di IIMS)

SPG cantik di IIMS 2014 punya julukan sendiri, sesuai dengan merek yang mereka kawal. PT Astra Daihatsu, misalnya, menjuluki SPG di booth mereka dengan sebutan Daihatsu Pretty. (Baca juga: Mobil-mobil Ini Didesain Khusus untuk IIMS 2014)

Salah satu di antaranya adalah Ni Made Ita Rossyani yang berusia 24 tahun. Menurut Ita, dirinya bertindak sebagai tim pemasaran Daihatsu. Karena itu, kata dia, tingkah laku Daihatsu Pretty jauh dari kesan centil. "Kami disebut usher atau penerima tamu, bukan SPG, karena tugas kami berbeda dengan SPG," kata dia kepada Tempo.

Ita yang lulus dari London School of Public Relation itu menolak disebut SPG karena beberapa alasan. Salah satunya, kata dia, SPG cenderung mengutamakan penampilan fisik. Padahal, sebagai Daihatsu Pretty, Ita dituntut untuk bersikap profesional karena mewakili citra perusahaan. "Kami harus memahami produk karena bertugas memberikan penjelasan," ujarnya. (Baca juga: Bos Chevrolet: Ini Ciri Penggemar Mobil Indonesia)

Lain Daihatsu, lain pula Suzuki. Suzuki memberi julukan Suzuki Angels bagi gadis-gadis duta promosi di booth-nya. Juru bicara PT Suzuki Indombil Sales Dimelza Sharindradini mengatakan Suzuki Angels adalah bagian dari tim pemasaran yang memberikan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen. Karena itu, Suzuki tidak ragu menanamkan investasi untuk Suzuki Angels.

Demi meningkatkan kinerja, kata Dimelza, para Suzuki Angels itu terus dievaluasi dan dilatih agar sanggup menjadi mediator penjualan. Suzuki bekerja sama dengan sebuah universitas untuk melatih para Angels. "Konsepnya mirip kontes kecantikan Miss Universe yang memegang prinsip brain, beauty, dan behaviour," ujarnya.

DIMAS SIREGAR

Berita TerpopulerIstri AKBP Idha Endri Kuasai Harta Bandar Narkoba Golkar Terbelah Hadapi Voting RUU Pilkada Resmi, Demokrat Dukung Pilkada Langsung

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi