Bahasa Tubuh, Senjata SPG Luwes di IIMS 2014  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 September 2014 10:43 WIB
Seorang model berpose di samping mobil Daihatsu Ayla GT2 saat berlangsungnya pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta, 18 September 2014. TEMPO/Fery Firmansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia International Motor Show 2014 bisa diibaratkan sebagai galeri gadis-gadis cantik. Dalam pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini, perempuan cantik selalu tampak di setiap booth peserta pameran. Mereka memasang senyuman, berlomba menggaet konsumen agar mampir dan membeli kendaraan yang ditawarkan. (Baca: SPG Cantik IIMS 2014, Ada yang Bergelar Master)

Masing-masing sales promotion girl (SPG), julukan umum untuk gadis-gadis itu, tentu punya trik sendiri untuk memancing pembeli. Namun secara umum, ada senjata yang selalu digunakan para SPG cantik, yakni bahasa tubuh atau body language.

Menurut Wirmaliyanti Ikhsan, 20 tahun, salah satu Daihatsu Pretty atau tenaga promosi gerai Daihatsu, bahasa tubuh bisa berujung pada hasil positif atau negatif. Dengan bahasa tubuh yang baik, seperti sikap anggun, senyuman ramah, dan penuturan cerdas, konsumen akan segan dan menghargai keberadaan SPG. (Baca: Kisah si Cantik Pretty dan Angels di IIMS 2014)

Sebaliknya, kata Wirma, kesan buruk bisa muncul dengan bahasa tubuh tertentu. Dia mengakui ada citra buruk yang melekat pada SPG akibat terlalu centil atau terkesan menebar godaan. Ada juga kesan buruk akibat pakaian yang terlalu seksi. "Tetapi ini tergantung kepada pribadi masing-masing. Jika bahasa tubuhnya baik, orang lain akan segan," katanya. (Baca: Syahrini, Arkarna, dan Para 'Angels' Ada di IIMS)

Wirma, yang berstatus mahasiswi Politeknik Negeri Bandung ini, sudah dua kali tampil di arena IIMS. Dia mengaku tertantang untuk mendalami dunia otomotif setelah terlibat dalam pameran akbar ini. Agar penampilannya prima, Wirma mengaku sudah menjalani seleksi dan dilatih secara khusus untuk mengenal produk yang dia tawarkan.

DIMAS SIREGAR

Berita TerpopulerIstri AKBP Idha Endri Kuasai Harta Bandar Narkoba Golkar Terbelah Hadapi Voting RUU Pilkada Resmi, Demokrat Dukung Pilkada Langsung

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi