Kisah SPG IIMS, Rayuan Gombal dan Pelukan Nakal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 24 September 2014 07:18 WIB
Seorang model berpose di depan mobil keluaran terbaru dari Toyota, Toyota FT-1 pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JiExpo, Jakarta, 18 September 2014. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Bekerja sebagai gadis duta promosi alias sales promotion girls (SPG) memang harus tabah dan kuat mental. Sebab, banyak pandangan miring mengenai profesi ini. Selain itu, penampilan para SPG yang cantik mengundang ulah nakal para pengunjung pameran atau calon klien yang mereka hadapi. (Baca: Mau Jadi SPG Cantik Suzuki? Begini Syaratnya)

Hal ini dialami para SPG yang menghiasi pameran Indonesia International Motor Show 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kepada Tempo, salah satu SPG di booth Jeep, Yasmine, mengaku sering digoda para pengunjung pameran. Sapaan ramah dan senyum manis Yasmine kerap disalahartikan oleh pengunjung, sehingga dia diperlakukan berbeda. "Aku dimintai nomor telepon, terus diajak makan siang hingga makan malam," ujar mahasiswi perhotelan berusia 19 tahun ini. (Baca: Panas-panasan, Berapa Honor SPG Cantik IIMS 2014?)

Lain lagi dengan Balqish, SPG Mercedes-Benz. Mahasiswi jurusan psikologi di salah satu universitas di Jakarta ini mengaku pernah diajak menginap oleh pengunjung booth yang dijaganya. Awalnya, ujar Balqish, ada seorang pria yang datang dan mencoba sebuah mobil. Di dalam kabin, pria itu tiba-tiba bertanya, apa bisa dia menginap di arena pameran dan ditemani Balqish. Meski kesal, Balqish berusaha menahan emosi. "Untung atasanku datang dan meminta aku masuk ke ruangan, karena pameran sudah mau tutup," tuturnya. (Baca: Bahasa Tubuh, Senjata SPG Luwes di IIMS 2014)

Sedangkan Yusa, SPG Bus Scania di booth PT United Tractors, pernah mendapat perlakuan kurang mengenakkan. Mahasiswi tingkat akhir jurusan pemasaran dari perguruan tinggi swasta di Jakarta ini pernah didatangi pengunjung yang meminta berfoto bersama sambil dipeluk. Karena itu, Yusa yang sudah dua kali ikut IIMS ogah kembali menjadi SPG. "Kalau aku sudah lulus, aku mau cari pekerjaan tetap." (Baca: kisah-kisah SPG IIMS 2014 di sini)

HUSSEIN ABRI YUSUF

Berita TerpopulerTiga Tudingan Miring Anas kepada Keluarga SBY Bantu TNI, Tahir: Tak Ada Makan Siang Gratis Bocah 8 Tahun Dapat Duit Rp 15 Miliar dari YouTube   Panas-panasan, Berapa Honor SPG Cantik IIMS 2014?  

 

#IIMS 2016 Update
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi