Interior Daihatsu Gran Max Caravan, Apa Isinya?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 24 September 2014 08:40 WIB
Daihatsu Gran Max Caravan dalam pameran IIMS 2014. TEMPO/Dimas Siregar

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor memamerkan modifikasi Daihatsu Gran Max di Indonesia International Motor Show 2014. Mobil baru yang dinamai Gran Max Caravan ini ditampilkan untuk menjadi inspirasi penggemar kegiatan di alam terbuka. (Baca: Modifikasi Edan, Daihatsu Gran Max Caravan)

Head of Development Project Pimp Research and Development Astra Daihatsu Motor Satrio Budiutomo mengatakan Daihatsu Gran Max Caravan mengadopsi desain RV alias recreation vehicle. Sesuai dengan namanya, Daihatsu Gran Max Caravan ditujukan untuk penggemar rekreasi atau jalan-jalan.

Tak cuma ruangan yang lega, karavan ini diperlengkapi sejumlah perkakas rumah tangga hingga sarana hiburan. "Unsur utamanya adalah kenyamanan," kata Satrio kepada Tempo. (Baca juga: Mau Daihatsu Copen? Harganya Rp 400 Juta-an)

Apa saja ubahan unik Daihatsu Gran Max Caravan?

Menurut Satrio, tidak ada perubahan besar di sektor eksterior atau bagian luar mobil. Modifikasi utamanya adalah menambahkan satu unit caravan double decker (mobil kamar dua tingkat) dan ditempelkan di sasis belakang pick-up Gran Max. Karavan ini dilaburi cat hitam, perak, dan emas. (Baca juga: MPV Ini Cuma Dijual 50 Unit di Indonesia)

Tampilan memukau ada di sisi dalam atau interior. Ada seperangkat tempat tidur ukuran 160 x 200 sentimeter, kitchen set yang terdiri dari kompor, tempat cuci piring, dan lemari penyimpanan piring, serta dua sofa tunggal yang diletakkan di samping tempat tidur dan tempat memasak.

Ada juga seperangkat alat hiburan, yakni televisi 24 inci, alat pemutar DVD, audio set, hingga konsol game Sony Play Station dan Microsoft Xbox yang membuat penumpang semakin betah. (Baca juga: Bus Scania Buatan Lokal Meluncur di IIMS 2014)

Untuk sumber listrik, ada sebuah generator set yang diintegrasikan dengan mesin. Generator ini terhubung dengan sakelar untuk menyalakan peralatan elektronik di dalam ruangan karavan. "Mau menyalakan apa, tinggal tekan tombolnya," ujar Satrio. (Baca juga: Suzuki APV New Luxury Meluncur,Apa Saja yang Baru?)

Daihatsu Gran Max, kata Satrio, sudah memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan penggunanya. Proses modifikasi ini sudah disetujui dan diberi sertifikat oleh kantor pusat Daihatsu di Jepang. "Semuanya sudah kami pertanggungjawabkan ke pemilik merek," kata dia. (Baca berita IIMS 2014 di sini)

DIMAS SIREGAR

Berita TerpopulerTiga Tudingan Miring Anas kepada Keluarga SBY Bocah 8 Tahun Dapat Duit Rp 15 Miliar dari YouTube  Panas-panasan, Berapa Honor SPG Cantik IIMS 2014?

 

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi