Pameran Otomotif Skala Global, Begini Contohnya
Reporter: Tempo.co
Editor: Khairul anam Teco
Selasa, 10 Februari 2015 20:00 WIB
Sebuah stand Porsche yang dipersiapkan untuk tampil dalam pameran North American International Auto Show di Detroit, 12 Januari 2015. (AP Photo)

TEMPO.CO, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyelenggarakan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada 20-30 Agustus 2015. GIIAS merupakan pagelaran pertama Gaikindo pasca Indonesia International Motor Show (IIMS).

Tahun ini, acara IIMS tetap digelar pada waktu yang bersamaan dengan GIIAS, dengan penyelenggara Dyandra Promosindo. Namun Gaikindo menyatakan GIIAS merupakan event resmi organisasi dan diakui oleh Asosiasi Industri Mobil Dunia (OICA).

Di Indonesia, dualisme pameran otomotif berskala internasional mungkin baru terjadi tahun ini. Namun dalam kalender pameran otomotif dunia, banyak negara yang menyelenggarakan lebih dari satu acara setiap tahun, namun dengan tanggal penyelenggaraan yang berbeda. Berikut ini contohnya.

Cina

Di Cina ada tiga pameran otomotif yaitu China (Beijing) International Automobile Exhibition (akan diselenggarakan pada 11-14 Juni 2015), China International Automotive Aftermarket Industry and Tuning (Guangshou, terakhir diselenggarakan pada 16-18 Januari 2015), China Internatinonal Auto Show (terakhir diselenggarakan pada 18-21 Desember 2014), dan Auto Shanghai (akan diselenggarakan pada 20-29 April 2015). Auto Shanghai--dan Auto China, Beijing--merupakan top four pameran otomotif terbesar di dunia bersama Frankfurt Motor Show, Auto Expo (New Delhi), dan North American International Auto Show (Detroit).

Jepang

Terdapat dua pameran otomotif di Jepang yaitu Tokyo Auto Salon (terakhir diselenggarakan pada 9 -11 Januari 2015) dan Tokyo Motor Show (akan diselenggarakan pada 30 Oktober-8 November 2015). Tokyo Auto Salon diselenggarakan oleh Nippon Auto Parts Aftermarket Committee sementara Tokyo Motor Show digarap oleh Asosiasi Industri Mobil Jepang (JAMA) dan diakui oleh OICA.

Jerman

Terdapat tiga pameran otomotif di Jerman yaitu Auto Mobil International (Leipzig), Berlin Motor Show, dan International Motor Show Germany atau Frankfurt Motor Show yang diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Mobil Jerman.

Amerika Serikat

Di negeri Abang Sam, ada puluhan pameran otomotif setiap tahun. Namun yang paling besar dan masuk top four di dunia adalah North American International Auto Show, Detroit. NAIAS merupakan satu dari sedikit pameran otomotif di Amerika Serikat yang diakui oleh OICA.

KHAIRUL ANAM

#IIMS 2016 Update
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi