IIMS atau GIIAS, Gaikindo Bebaskan Pilihan Anggota  
Reporter: Tempo.co
Editor: Khairul anam Teco
Selasa, 10 Februari 2015 20:10 WIB
Pengunjung saat melihat-lihat produk mobil terbaru yang diikut sertakan dalam pameran IIMS, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta (19/9). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.COJakarta - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman M. Rusdi membebaskan anggota Gaikindo yang berjumlah 41 agen pemegang tunggal memilih ikut di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) atau Indonesia International Motor Show (IIMS).

"Kami tak membatasi. Tapi yang resmi diselenggarakan Gaikindo hanya GIIAS. Silakan, itu hak mereka," kata Sudirman saat konferensi pers penyelenggaraan GIIAS di Jakarta, Selasa, 10 Februari 2015. 

Sebelumnya, Gaikindo secara resmi mengumumkan akan menyelenggarakan GIIAS pada 20-20 Agustus 2015. Gaikindo menyatakan IIMS yang sebelumnya mereka gelar bekerja sama dengan Dyandra Promosindo sudah bukan lagi acara mereka. Sebab, belakangan diketahui, paten IIMS berada di tangan Dyandra, padahal pameran tersebut bikinan Gaikindo. 

Gaikindo kemudian menggelar GIIAS dan langsung mematenkan pameran tersebut menjadi hak milik mereka. Adapun Dyandra akan menggelar IIMS ke-23 juga pada 20-30 Agustus 2015.

"Waktunya bersamaan? Kami juga baru dengar. Tapi yang diakui oleh OICA (Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional) ya GIIAS," kata Sudirman.

Ketua Gaikindo Johnny Dermawan mengakui bahwa berat ikut dua pameran dalam tahun yang sama bagi agen pemegang merek. Soalnya, harga sewa stan mahal.

"Nah, kalau dua, kita serahkan saja kalau mereka mau. Tapi yang diakui kan satu, Gaikindo," ujar Johnny.

KHAIRUL ANAM

#IIMS 2016 Update

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi