Pameran Versi Gaikindo Diakui OICA  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 24 Februari 2015 13:07 WIB
Seorang pengunjung melihat dari atas, keramaian pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 saat baru dibuka di JiExpo, Jakarta, 18 September 2014. IIMS 2014 menghadirkan 36 merek dari anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.COJakarta - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pameran mobil yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mendapat pengakuan dari Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) sebagai pameran otomotif bertaraf internasional. 

Menurut Sekretaris Jenderal OICA Yves van der Straaten, lembaganya mendukung penyelenggaraan GIIAS karena status Gaikindo sebagai anggota resmi organisasi tersebut. OICA, kata Straaten, akan mengundang Gaikindo ke Jenewa, Swiss, untuk melakukan presentasi, "Terkait dengan pameran resmi mereka di acara International Auto Show," kata Straaten dalam siaran pers, Selasa, 24 Februari 2015. 

Straaten mengatakan GIIAS akan digelar di tempat yang lebih besar daripada lokasi pameran mobil sebelumnya. Untuk itu, kata dia, pemaparan Gaikindo mengenai rencana pameran yang akan digelar pada Agustus 2015 menarik untuk dibahas di forum Exhibition Committee Meeting di Jenewa.

Tak hanya mendukung, OICA menyatakan bersedia hadir sebagai pembicara di konferensi GIIAS. OICA juga akan memasukkan GIIAS sebagai agenda tahunan dalam kalender resmi 2016. OICA mengeluarkan kalender tersebut dalam beberapa pameran di beberapa negara setiap dua tahun sekali. 

Sekretaris Jenderal Gaikindo Noergardjito mengatakan, dengan dukungan OICA, GIIAS resmi menjadi pameran otomotif dunia. "Semoga dukungan ini menjadikan pameran Gaikindo menjadi lebih baik dan dapat mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional," ujarnya. 

GIIAS akan menjadi pameran otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara di atas lahan seluas 220 ribu meter persegi. Acara ini akan berlangsung pada 20-30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai. 

Sebanyak 31 merek kendaraan--24 di antaranya kendaraan penumpang--dari agen pemegang merek sudah menyatakan bakal menjadi peserta pameran. Merek-merek tersebut di antaranya Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Toyota, dan Tata Motors. 

AYU PRIMA SANDI

#IIMS 2016 Update
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi