Wow, Mobil Sihir Harry Potter Mendarat di IIMS 2015
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Kamis, 27 Agustus 2015 18:40 WIB
Aktor yang terkenal dalam perannya di film Harry Potter ini, Daniel Jacob Radcliffe menurut majalah Heat dirinya menempati posisi kedua dalam Seleb muda terkaya yang berumur dibawah 30 tahun di Inggris dengan kekayaan Rp56.19 million. empireonline.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 dan penggemar Harry Potter dimanjakan oleh hadirnya mobil sihir Ford Anglia dari seri buku dan film Harry Potter. Penyelenggara IIMS menghadirkan mobil tersebut sebagai bagian dari parade movie cars dari berbagai film layar lebar Hollywood di Hall A, C, dan D JIExpo.

Mobil Ford Anglia, yang dipamerkan di IIMS, merupakan mobil replika dari film Harry Potter and the Chamber of Secrets. Penggemar Harry Potter mengenali mobil tersebut sebagai mobil yang dikendarai Harry Potter (diperankan Daniel Radcliffe) dan Ron Weasley (diperankan Rupert Grint) untuk menuju sekolah sihir Hogwarts.

Dalam cerita Harry Potter, mobil Ford Anglia tersebut merupakan milik ayah Ron Weasley. Mobil tersebut memiliki kemampuan magis, seperti mampu terbang, menghilang, dan dapat berjalan tanpa bahan bakar. Mobil Ford Anglia tersebut muncul dalam tiga adegan penting di buku dan film. Pada bagian awal film, mobil itu digunakan Ron Weasley untuk menyelamatkan Harry Potter dari rumah pamannya, Vernon Dursley. Beberapa waktu kemudian, Harry dan Ron menggunakan mobil itu untuk menuju Hogwarts. Pada bagian akhir film, Anglia tersebut menyelamatkan Harry dan Ron saat mereka diserang laba-laba raksasa Aragog.

Seperti dilansir dari situs resmi film Harry Potter, tim produksi film Harry Potter and the Chamber of Secrets menggunakan 15 unit Ford Anglia 105E selama proses syuting. Pada akhir proses syuting, 14 mobil hancur untuk kepentingan adegan saat Harry dan Ron menabrakkan mobil ke pohon Dedalu Perkasa. Satu mobil yang tersisa saat ini dipamerkan di National Motor Museum di Beaulieu, Inggris.

Ford Anglia pertama kali diperkenalkan di London Motor Show pada 1959 dengan nama resmi Ford Anglia 105E. Mobil tersebut didesain oleh Ford Inggris sebagai mobil bagi masyarakat ekonomi kecil sebagai respons atas krisis energi yang melanda Inggris pada 1956. Ford Anglia 105E memiliki mesin V-4 inline 997 cc yang dapat menghasilkan 41 tenaga kuda serta memiliki wheelbase atau jarak antar-roda mencapai 90,5 inci. Ford mengklaim bahwa Anglia 105E mampu mencapai kecepatan maksimum 75-77 mil per jam (120 kilometer per jam) dengan konsumsi bahan bakar 43 mil per galon (18 kilometer per liter). Peluncuran Anglia 105E saat itu mendapat respons yang baik dari publik Inggris, sehingga Ford berhasil menjual sebanyak 1,1 juta unit dalam rentang 1959-1968.

Penggemar fanatik Harry Potter dapat melihat kendaraan ikonik bercat biru muda ini di Hall A1. Pengelola pameran menampilkan mobil tersebut di atas hiasan batang pohon yang menyerupai ranting pohon Dedalu Perkasa, yang menjadi tempat mendarat mobil tersebut saat mendarat di Hogwarts. Bagi penggemar buku dan film Harry Potter, tentu kehadiran mobil ini menjadi sesuatu yang menyenangkan.

RADITYA PRADIPTA

#IIMS 2016 Update
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi